Header Ads

Cara Melatih Otot Paha dengan Variasi Latihan Squat di Rumah

Cara Melatih Otot Paha dengan Variasi Latihan Squat. Melatih otot paha memang tidak semenarik latihan mengecilkan perut kita menjadi sixpack. Tapi otot paha yang bagus akan menunjang tungkai kita dalam melakukan aktivitas kerja sehari-hari tanpa cepat mengalami rasa lelah. Latihan otot paha bisa menggunakan gerakan naik dan turun seperti pada latihan squat. Pada artikel kali ini, kita akan bahas mengenai variasi latihan squat untuk melatih otot paha menjadi bagus dari segi anatomi dan fisiologinya (fungsi).

Pentingnya Melatih Otot Paha

Otot paha merupakan bagian dari otot tungkai yang menjadi alat gerak aktif untuk bergerak. Kebanyakan dari aktifitas kerja kita selalu menggunakan otot tungkai seperti berjalan, naik tangga, melompat, berlari dsb.  Dengan tuntutan kerja tersebut, maka kualitas otot tungkai kita sangat penting ditingkatkan terutama pada bagian paha yang merupakan bagian dari pangkal tungkai sebagai pengungkit awal pergerakan tubuh kita.

Banyak jenis latihan yang bisa dilakukan untuk melatih otot paha ini. Apalagi di tempat kebugaran (gym), kita bisa menggunakan beban luar untuk meningkatkan massa otot paha kita.

Menggunakan beban luar seperti di gym, terkadang menjadi kendala kita dalam melakukan latihan. Oleh karena itu, pembaca bisa mengikuti gerakan latihan otot paha yang dijelaskan pada artikel ini.

Latihan otot paha tanpa menggunakan beban luar bisa kita lakukan untuk tetap membuat otot paha terlatih, sehingga menunjang aktivitas kerja sehari-hari. Latihan yang paling sederhana untuk melatih otot paha kita adalah latihan squat.

Variasi Latihan Squat untuk Melatih Otot Paha

Berikut ini beberapa variasi latihan squat yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus bepergian ke tempat kebugaran (gym).

1. Regular Squat
Cara Melatih Otot Paha dengan Variasi Latihan Squat
Mulailah pada posisi berdiri dengan kaki ditempatkan selebar pinggul, jari kaki mengarah ke depan, posisi leher lurus tegak. Tahan kedua lengan lurus di depan dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Sekarang, tekuk lutut dan turunkan diri sampai bagian atas paha sejajar dengan tanah. Dorong pantat ke belakang dan tetap dalam posisi selama beberapa saat dan kemudian kembali ke posisi berdiri.

2. Pistol Squat
pistol squat
Mulailah dengan kaki ditempatkan selebar pinggul, angkat satu kaki lurus di depan dan perlahan jongkok sampai pantat hampir menyentuh tumit. Sekarang, berdiri tanpa menggunakan kaki yang sedang diangkat.

3. Sumo Squat
sumo squat
Latihan sumo squat merupakan salah satu latihan yang juga melibatkan paha depan, paha belakang, fleksor pinggul dan betis. Sumo Squat memberi tekanan lebih pada paha bagian dalam dan membantu memperbaiki keseimbangan tubuh.

4. The Curtsy Squat
Curtsy Squat
The Curtsy Squat adalah salah satu latihan yang paling efektif untuk wanita yang mencoba mengecilkan bagian pantat sehingga lebih kecil dan padat. Ini adalah cara ideal untuk mengencangkan tungkai dengan gerakan meluncur tanpa memberi tekanan pada sendi.

5. Bulgarian Split Squat
Bulgarian Split Squat
Berdiri di depan bangku kemudian angkat satu kaki diletakkan di atas bangku. Sekarang, jongkok dengan mendorong pinggul ke belakang dan menjaga batang tubuh tegak sambil menekuk kaki yang terangkat di lutut. Tekuk sampai mencapai posisi paling bawah di mana lutut belakang menyentuh tanah lalu kembali ke posisi semula.

6. Eagle Squat
Berdirilah dengan kedua kaki erat-erat dan lengan saling menempel satu sama lain. Sekarang, bawalah kaki kanan ke kaki kirinya dan bungkus kaki kanan di belakang betis kiri. Bawa siku kanan di bawah siku kiri dan bungkus tangan kanan di sekitar lengan bawah sehingga telapak tangan masuk. Setelah mendapatkan keseimbangan, jongkoklah serendah mungkin dan kemudian kembali ke posisi berdiri.

Dengan melakukan bentuk latihan otot paha ini, kita bisa menjaga dan bahkan meningkatkan kualitas otot paha kita menjadi lebih baik.

Jika kita sedang melakukan program penurunan berat badan atau program lainnya. Maka sebaiknya, latihan squat dimasukkan ke dalam program kita.

Itulah artikel mengenai cara melatih otot paha dengan variasi latihan squat di rumah. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.