Header Ads

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh untuk Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh untuk Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan. Meningkatkan metabolisme tubuh adalah salah satu cara yang sangatlah penting bagi seseorang untuk menjaga berat badanya baik itu pria maupun perempuan untuk tercapainya tubuh yang di idamkan (ideal). Namun hal itu tidak semudah yang kita pikirkan dan tidak seinstan yang kita bayangkan karena harus di dasari dengan kemauan, niat yang benar-benar dan mau melaksanakan prosesnya. Untuk  meningkatkan metabolisme tubuh yaitu bisa dengan berolahraga rutin dan teratur, dalam melakukan olahraga sebaiknya jangan berolahraga yang berat-berat karena akan menyusahkan diri anda sendiri, cukup dengan olahraga yang ringan-ringan saja karena hal itu akan memudahkan anda untuk melakukanya dan di sisi lain juga untuk menghindari cedera.

Olahraga yang baik yaitu pada pagi hari karena pada pagi hari banyak oksigen yang dapat anda hirup sehingga dapat membuat anda segar. Di pagi hari anda bisa melakukan olahraga yang mudah seperti jogging maupun jalan santai. Selain berolahraga yang teratur anda juga harus memperhatikan pola makan anda agar apa yang anda lakukan tidak sia-sia. Maksudnya adalah dengan mengatur pola makan yang bagus, makan- makanan yang bergizi dan kaya serat. Perbanyaklah makan sayur-sayuran dan buah-buahan karena disitu banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda contoh makanan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh yaitu buah apel, teh hijau, tahu dan tempe. Lalu perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas per hari, karena Tubuh Anda membutuhkan air untuk memproses kalori.

Jika Anda merasa sedikit dehidrasi, metabolisme tubuh akan melambat. Dalam suatu studi, orang dewasa yang meminum delapan atau lebih gelas air putih per hari membakar kalori lebih banyak daripada mereka yang hanya meminum kurang dari delapan gelas air per hari. hindari minuman yang berasa, berwarna dan bersoda.

Selanjutnya adalah istirahat yang cukup artinya tidak tidur lewat dari jam 10.00 malam, hindari bergadang karena hal itu dapat membuat tubuh anda mudah lelah dan tekanan darah anda tidak teratur. Jauhilah obat-obatan terlarang. Karena obat-obatan tersebut akan merusak organ-organ tubuh anda dan menghambat dalam meningkatkan metabolisme tubuh anda.

Hindarilah diet yang salah kebanyakan orang melakukan diet yaitu dengan berasumsi tidak mau makan yang mengandung karbohidat dan yang rendah kalori memang dapat membantu menurunkan berat, akan tetapi dapat secara ekstrim membuat metabolisme tubuh menurun drastis. Sehingga pastikan asupan kalori tetap mencukupi bagi kebutuhan tubuh, agar kerja metabolisme tetap optimal.

Diet yang bagus adalah dengan mengatur masukan makanan dan mengurangi porsi makan akan tetapi bukan berarti menghilangkannya dan di imbangi dengan olahraga teratur sehingga hal tersebut akan tercapai dengan mudah dan terhindar dari cedera pada tubuh.

Yang selanjutnya adalah biarkanlah tubuh bergerak aktif maksudnya adalah dengan meningkatkan aktivitas dalam sehari-hari dengan melakukan hal yang anda sukai seperti bermain sepak bola, tenis dsb. Namun apabila anda tidak menyukai permainan olahraga anda bisa melakukan hal lain agar tubuh anda tetap bergerak yang tentunya sangat baik bagi proses metabolisme tubuh.
Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam proses pembakaran kalori agar berat badan berkurang maka sangat pentinglah kita untuk menjaga dan meningkatkan metabolisme. Tapi setiap manusia memiliki metabolisme yang berbeda, ada yang memiliki metabolisme yang cepat ada pula yang memiliki metabolisme yang lambat. Berbeda dengan wanita para pria biasanya cenderung lebih banyak membakar kalori, saat sedang beraktifitas atau berolahraga, bahkan ketika sedang beristirahat pun masih melakukan proses pembakaran kalori. Dan metabolisme akan semakin melambat terus menerus apabila manusia telah mencapai usia 40 tahun. Tapi meskipun faktor usia, atau jenis kelamin, pasti memiliki cara untuk meningkatkan metabolisme agar bisa mempercepat atau melakukan pembakaran kalori.

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan kinerja metabolisme yang lebih baik sekaligus melakukan pembakaran kalori.

Olahraga

Salah satu olahraga yang dapat meningatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran kalori adalah olahraga yang berintensitas tinggi dan rutin, contohnya:

Senam Aerobik

Melakukan senam dengan waktu yang lama dengan waktu sekitar 30 menit lebih maka bisa membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh, dengan catatan melakukan senam dengan baik dan sesuai dengan instruktur atau ketentuan.

Joging

Joging juga merupakan olahraga yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori. Tapi harus rutin atau melakukan joging dengan waktu yang lumayan lama. Dengan berjalan pun kita bisa melakukan proses pembakaran kalori tapi lambat.

Gym

Dengan melakukan olahraga gym maka akan terjadi pembentukan otot. Dengan banyaknya otot yang terbentuk maka tingkat metabolisme saat istirahat ini akan lebih tinggi dan tubuh akan konstan melakukan proses pembakaran kalori.

Cerdas Memilih Cemilan

Makan lebih sering akan membantu menurunkan berat badan (makan makanan empat sehat lima sempurna). Saat kita makan dengan porsi yang banyak dalam waktu beberapa jam diantara jam makan tersebut maka metabolisme tubuh akan melambat, untuk menjaga metabolisme kita harus memiliki asupan cemilan setiap 3 atau 4 jam sehingga kita bisa lebih banyak membakar kalori dalam satu hari.

Makanan yang membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh

Makanan rendah karbohidrat
Kita dianjurkan untuk memakan makanan yang rendah karbohidrat untuk membantu menurunkan berat badan. Tapi bukan berarti sama sekali tidak memakan karbohidrat karna tubuh kita memerlukan asupan empat sehat lima sempurna dan karbohidrat termasuk kedalamnya. Makanan yang rendah karbohidrat contohnya : beras merah, gandum, singkong, talas, jagung, kentang, ubi jalar, dan buah sukun.

Makanan kategori buah-buahan
  • Jeruk lemon
  • Pepaya
  • Pisang
  • Pear
  • Apel
  • Tomat
  • Mangga
  • Kelapa
  • Makanan kategori sayuran
  • Brokoli
  • Wortel
  • Bayam
  • Asparagus
  • Kacang-kacangan
  • Cabe
  • Buncis
  • Kubis
  • Makanan sehat lainnya
  • Telur
  • Dada ayam tanpa kulit
  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Yougurt
  • Teh hijau
  • Kopi hitam
  • Air
Hindari Diet Cepat
Pola makan dengan asupan yang terbatas itu tidak disarankan dalam proses peningkatan metabolisme tubuh dan membakar kalori. Meskipun diet ini membantu untuk mempercepat penurunan berat badan tapi diet ini menghilangkan asupan dan nutrisi yang penting bagi tubuh, ditambah dengan hilangnya otot maka akan semakin memperlambat proses metabolisme dan ahirnya tubuh akan membakar sedikit kalori dan berat badan akan cepat naik dari sebelum menjalankan diet.

Waktu Istirahat
Penelitian menunjukan bahwa orang yang kurang tidur tanpa mereka sadari bahwa mereka telah memakan rata-rata 549 kalori ekstra pada hari berikutnya.  Penelitian di swedia menemukan bahwa bahkan jika tidur kita terganggu walaupun semalam itu akan menyebabkan tubuh membakar hingga kalori 20 % lebih sedikit di hari berikutnya.

Penulis
  1. Rachmat Hidayat
  2. Zeni Virginia Sunarli

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.