Header Ads

Sehat Dengan Berjalan Kaki

Sehat Dengan Berjalan Kaki. Selain gratis dan menyehatkan, yang masih banyak manfaat lain yang tidak pernah anda duga dengan melakukan jalan kaki secara rutin.

Tak usah kawatir dengan tidak adanya fasilitas, tempat, maupun waktu. Sekarang sudah banyak kegiatan untuk melakukan olahraga, khususnya berjalan yang diadakan di setiap kota, yang diadakan setiap weekend, seperti car free day, pada kegiatan ini ditutupnya beberapa jalan yang bermaksud untuk menyediakan fasilitas para masyarakat untuk berolahraga.

Geoff Nicholson dalam bukunya, Lost Art of Walking [1], memuji manfaat besar yang didapatkan dari berjalan kaki. Selain baik bagi kesehatan fisik, psikologi dan manfaat sosial, aktivitas yang sederhana itu juga bisa mengubah hidup anda.
D:\car free day.JPG

Manfaat Jalan Kaki

Berikut adalah beberapa manfaat berjalan kaki:

Meningkatkan Kesehatan
Dari sisi kesehatan, berjalan kaki adalah salah satu kunci untuk mengelola berat badan, mengontrol tekanan darah dan mengurangi resiko stroke, kangker payudara, diabetes dan segudang penyakit lain. Berjalan cepat setiap hari bisa memperpanjang umur anda, menutunkan resiko depresi dan meningkatkan mood maupun perasaan bahaagia. Menurut Beth Israel Medical Centre, rumah sakit yang berafiliasi dengan Harvard, berjalan kaki menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Menjaga Kebugaran Mental

Berjalan kaki bersama teman atau rekan anda bisa semakin mempererat hubungan. Mengatur waktu untuk “kencan” dengan pasangan anda atau teman dengan berjalan kaki danmemanfaatkan waktu yang tersedia untuk saling berbincang tanpa terganggu.

Menjelajahi Linkungan Sekitar

Cara terbaik untuk menikmati keindahan dan keajaiban tersembunyi dalam kota-kota besar di dunia. Berjalan kaki mengasah ketajaman panca indra dan memungkinkan anda menikmati kedekatan dengan lingkungan disekeliling anda. Menurut Geoff, penyair William Wordsworth belayar mengelilingi tujuh keajaiban dunia sepanjang hidupnya. Konon William merasa senang dengan fakta sederhana , yaitu “berjalan kaki adalah undangan dari kejutan”.

Tips Menyenangkan Berjalan Kaki

Berikut ini adalah beberapa tips agar anda merasa senang ketika berjalan kaki:
  1. Carilah teman, dan temukan jadwal rutin setiap minggu dimwaktu yang sama.
  2. Berjalanlah bersama anjing/binatang peliharaan anda.
  3. Pilihlah lokasi yang memiliki pemandangan indah dan mudah diakses.
  4. Mulailah dengan berjalan santai kemudian tingkatkan langkah dan kecepatannya.
  5. Pilihlah juga lokasi yang menanjak.
  6. Jangan lupa sedia paying sebelum hujan.
Itulah artikel mengenai sehat dengan berjalan kaki, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima Kasih.

Referensi:
[1]. Nicholson, G. (2008). The lost art of walking: The history, science, philosophy, and literature of pedestrianism. Penguin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.