Header Ads

8 Keuntungan HIIT (High Intensity Interval Training)

HIIT (High Intensity Interval Training) merupakan bentuk alternatif dari latihan yang ditujukan bagi anda yang suka aktifitas berat dan moderat atau sedang atau bahkan yang non-aktifitas sama sekali. Sebagai contoh, langkah awal yang bagus adalah lari secepat mungkin dalam 1 menit dan jalan selama 2 menit. Ulangi rangkaian ini terus meneru selama lima kali pengulangan sehingga total anda melakukan adalah 15 menit untuk mempercepat pembakaran lemak dan melatih otot tungkai anda.

Terdengar sederhana dan lebih efektif, tapi ilmu pengetahuan tidak cukup hanya dengan kebetulan saja. Silahkan baca 8 bukti keuntungan dari HIIT (High Intensity Interval Training).

8 Keuntungan HIIT 

8 Keuntungan HIIT (High Intensity Interval Training)

1. Efisien

HIIT adalah latihan yang ideal untuk jadwal sibuk, apakah Anda ingin latihan selama istirahat makan siang Anda? atau untuk mendapatkan hasil latihan dengan cara cepat. Penelitian menunjukkan Anda dapat mencapai lebih banyak kemajuan dalam hanya 15 menit dari Interval training (dilakukan tiga kali seminggu) daripada gadis jogging di treadmill selama satu jam. dan menurut sebuah studi 2011 disajikan di perguruan tinggi Amerika dari pertemuan tahunan kedokteran olahraga, hanya 2 minggu interval intensitas tinggi meningkatkan kapasitas aerobik Anda sebanyak 6 sampai 8 minggu pelatihan ketahanan

2. Lebih Banyak Membakar Lemak

Bukan hanya membakar kalori ketika melakukan aktifitas HIIT, tapi efek yang dirasakan dari hal itu yaitu latihan HIIT yang memang sangat sering mengerahkan tenaga maksimal kita yaitu memperbaiki siklus tubuh kita menuju ke hyperdrive (terbiasa membakar kalori kita lebih banyak). Artinya bahwa kita membakar lemak dan kalori lebih banyak dalam waktu 24 jam setelah melakukan satu kali latihan HIIT.

3. Jantung lebih sehat

Beberapa orang biasanya tidak ingin menggunakan latihan dalam zona anaerobik (zona yang memang membuat kita sulit bernafas dan merasa jantung kita akan keluar dari dada kita dikarenakan denyut jantung yang sangat cepat naik akibat dari latihan dalam zona anaerobik). Tapi dalam hal ini, Bentuk latihan yang ekstrem maka hasilnya pun akan ekstrem. Penelitian pada tahun 2006 menemukan bahwa setelah 8 minggu melakukan latihan HIIT, subjek penelitian mampu bersepeda dua kali lebih lama dari biasanya, dengan mempertahankan kecepatan yang sama dengan sebelum melakukan latihan HIIT.

4. Tidak Membutuhkan alat tertentu

Berlari, bersepeda, dan dayung, semuanya bagus untuk HIIT. tapi kita tidak memerlukan alat untuk melakukan HIIT ini. High Knees, fast feet, atau segala macam latihan pliometrik seperti jumping lunge yang bisa membuat denyut jantung kita meningkat dengan cepat. Faktanya bahwa beberapa alat beban seperti dumbbells yang biasa dijadikan beban untuk meningkatkan otot biceps kita, dapat membuat HIIT kurang efektif. Karena dengan HIIT ini kita ingin fokus untuk mendorong jantung kita ke maksimal, bukan biceps kita sebetulnya yang menjadi target HIIT.

5. Berat turun, Bukan otot yang mengecil

Semua orang yang melakukan diet tahu bahwa berat sekali untuk tidak kehilangan masa otot bersama lemak ketika melakukan latihan kardio yang sudah menetap. Penelitian menunjukkan bahwa latihan beban dan HIIT memungkinkan pelaku diet untuk menjaga otot-otot mereka dengan susah payah sekaligus menjamin sebagian besar berat badan turun berasal dari cadangan lemak.

6. Meningkatkan Metabolisme

Di samping peningkatan pembakaran lemak dan memelihara otot, HIIT merangsang produksi hormon pertumbuhan kita (HGH Human Growth Hormon) seperti yang dijelaskan dalam jurnal yang mengatakan dengan aktifitas HIIT bisa meningkatkan HGH kita sebanyak 450% selama 24 jam setelah beres melakukan aktifitas fisik HIIT. Ini merupakan berita bagus karena HGH bukan hanya yang bertanggung jawab untuk meningkatkan pembakaran kalori tetapi berperan juga untuk memperhambat proses penuaan, membuat tubuh kita tetap muda luar dalam.

7. Bisa dilakukan dimana saja

HIIT bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, tidak terpaku pada satu tempat. Dr. Seuss sangat mencintai HIIT. Karena merupakan konsep yang sederhana seperti konsep mendapatkan hasil maksimal dalam jangka waktu yang sangat pendek dan ulangi. Kita bisa mengadaptasikan dengan situasi waktu dan tempat yang kita miliki.

8. Aktifitas yang menantang tubuh anda

Ini bukan aktifitas fisik yang bisa anda lakukan sambil membaca majalah atau chating dengan teman anda. Karena HIIT ini begitu pendek, kita bekerja berat selama melakukan HIIT. Daya tarik HIIT format HIIT ini adalah memberikan pengalaman baru, tantangan baru, dan sebuah latihan yang baru yang dengan cepat kita bisa merasakan hasilnya. Kita mungkin akan mendapat banyak kesakitan dalam melakukan HIIT ini, tapi kita tidak akan mendapatkan kejenuhan.

Itulah artikel mengenai 8 Keuntungan latihan HIIT (High Intensity Interval Training). Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.