Header Ads

Sehatkah Jalan Kaki Tanpa Alas di Atas Rumput?

Sehatkah Jalan Kaki Tanpa Alas di Atas Rumput?. Salam sobat pembaca, Postingan kali akan membahas mengenai aktifitas yang mungkin dianggap sederhana akan tetapi memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Aktifitas tersebut adalah jalan kaki tanpa alas di atas rumput.

Jika kita memiliki taman rumput yang agak besar di dekat rumah atau di depan rumah. Cobalah untuk berjalan kaki tanpa alas di atas rumput tersebut pada pagi hari dan sore hari. Kita tidak harus memaksakan diri untuk berjalan kaki mengelilingi daerah perumahan kita atau berjalan kaki di atas batu. Untuk lebih jelasnya kita simak beberapa manfaat dari berjalan kaki tanpa alas di atas rumput di bawah ini.

1. Membuat Kaki Tetap Sehat

Melakukan aktifitas jalan kaki tanpa alas adalah akitifitas fisik yang bagus untuk kaki kita. Aktifitas tersebut akan membuat kaki kita kuat dan mengkontraksikan otot-otot, tendon dan ligamen di bagian pergelangan kaki dan betis kita sehingga bisa membuat kita terhindar dari cedera, lutut yang menegang dan cedera pada punggung serta membuat kekuatan fleksor meningkat dan sangat bermanfaat bagi yang memiliki telapak kaki datar.

Manfaat lainnya adalah membantu menjaga postur tubuh kita supaya tetap tegak dan meminimalisir resiko kapalan dan telapak kaki kaku.
jalan kaki tanpa alas kaki dirumput

2. Mengurangi Stres

Aktifitas jalan kaki tanpa alas di rumput, bisa melatih panca indra dan menenangkan pikiran kita dan lebih bagus dilakukan di pagi hari ketika suasana udara masih bersih belum banyak polusi udara. Suasana pagi hari dengan udara yang masih bersih dan kaya oksigen, matahari yang bersinar menghangatkan tubuh kita kaya akan vitamin D, memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh kita. 

Suasana pagi tersebut akan membuat tubuh kita tenang dan rileks sehingga membuat kita merasa santai dan bisa sebagai penghilang stres pikiran. Dengan situasi tersebut bisa membuat kita lebih semangat dalam mengawali aktifitas dalam kehidupan kita sehari-hari.

3. Menajamkan Penglihatan

Hubungan dari berjalan kaki tanpa alas dengan penglihatan kita adalah pada telapak kaki kita terdapat daerah refleksologi yang berhubungan dengan berbagai organ dalam tubuh kita, diantaranya adalah mata kita. Pada saar berjalan kaki tanpa alas, terjadi tekanan pada beberapa jari kita yang merupakan titik tekan refleksologi terutama jari pertama, kedua dan ketiga yang berhubungan dengan mata kita. 

Aktifitas jalan kaki tanpa alas di atas rumput akan merangsang titik-titik refleksologi tersebut yang membantu meningkatkan penglihatan. Aktifitas ini juga membantu supaya tubuh kita tetap sehat. Selain itu, melihat warna hijau pada rumput juga akan membantu meningkatkan penglihatan mata.

4. Elektron Tubuh Meningkat

Stres, radikal bebas dari pancaran radiasi, lemak trans, rokok, insektisida, pestisida akan menurunkan elektron tubuh kita. Bumi merupakan sumber elektron yang bagus sebagai penghilang radikal bebas. Menurut hasil penilitian yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental and Public Health pada tahun 2012, pada saat kita berjalan kaki tanpa alas di tanah, permukaan bumi akan mentransfer elektron ke dalam tubuh kita dan meningkatkan fungsi tubuh kita pada saat melakukan aktifitas sehari-hari. Elektron ini memiliki efek antioksidan yang membantu melawan tekanan oksidatif yang berhubungan dengan peradangan dan penyakit.

5. Memenuhi Asupan Vitamin D 

Pada saat kita berjalan kaki tanpa alas di atas rumput, sinar matahari yang menyoroti tubuh kita akan memberikan efek menyehatkan tulang dengan adanya vitamin D yang masuk ke dalam tubuh melalui sinar tersebut. Vitamin D membantu menjaga tulang Anda agar tetap sehat dan mencegah osteoarthritis dan penyakit sendi lainnya.

Selain itu, vitamin D akan membantu Anda menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung, diabetes tipe 1, multiple sclerosis, penyakit Alzheimer, rheumatoid arthritis, dan beberapa kanker tertentu. Selain itu, Vitamin D juga sangat bagus bagi wanita hamil.

Sekian postingan kali ini mengenai sehatkah jalan kaki tanpa alas di rumput. Semoga bisa bermanfaat bagi kita para pembaca sekalian. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.