Header Ads

Kebiasaan Sehat Pada Saat Puasa Yang Harus Diterapkan

Kebiasaan Sehat Pada Saat Puasa Yang Harus Diterapkan. Salam sobat pembaca dunia olahraga. Postingan kali ini, akan membahas mengenai Kebiasaan Sehat Pada Saat Puasa Yang Harus Diterapkan. Kesehatan kita dipengaruhi oleh kebiasaan kita sehari-hari, terlebih pada saat bulan puasa, banyak sebetulnya kebiasaan-kebiasaan yang bagus dan berdampak pada kualitas kesehatan tubuh kita. Seperti halnya dalam segi makan, ada beberapa kebiasaan kita yang dulunya sudah mengikuti kebiasaan untuk hidup sehat, kemudian berubah karena faktor-faktor tertentu.

Kebiasaan Sehat Pada Saat Puasa Yang Harus Diterapkan

1. Menyimpan Makanan Yang Sehat

Kita cenderung untuk membeli makanan untuk disantap kemudian disimpan di rumah kita baik di kulkas atau di lemari makan. Oleh karena itu sangat penting untuk membeli persediaan makanan sehat yang bisa kita makan. Yang diperlukan adalah buah segar dan sayuran yang berguna dan dapat diambil dan dimakan dengan mudah seperti wortel, apel, pir, buah dsb. Jangan lupa untuk membeli dan memakan havermut, beras merah, dan roti gandum bukan produk roti putih.
Kebiasaan Sehat Pada Saat Puasa Yang Harus Diterapkan
Untuk pilihan protein sehat bisa membeli makanan seperti, kacang-kacangan dan biji-bijian, daging sapi atau ayam kampung (yang terhindar dari zat kimia), dan telur. Jangan sampai yang kita simpan di kulkas hanya minuman bersoda, kue, dan sereal manis yang mengandung kadar gula tinggi. 

2. Makan Sambil Duduk

Ketika kita makan makanan saat duduk, kita cenderung makan lebih lambat, menikmati apa yang dimakan, dan bahkan mungkin porsi makan menjadi lebih sedikit. Ketika kita makan sambil berdiri, sering bahkan tidak menyadari bahwa kita sedang makan dan tidak tersadar bahwa makanan kita cepat habisnya sehingga berapapun porsinya akan selalu habis dan tak terasa kalori yang masuk ke dalam tubuh kita semakin banyak.

Jika kita makan es krim, jangan sampai dimakan sambil berdiri, sebaiknya simpan es krim tersebut di dalam mangkuk, duduk, dan nikmati es krim tersebut. Hal ini, juga bagus ketika makan dengan orang lain dan menikmati pengalaman sosial ketika kita makan.

3. Minum Air Putih Lebih Banyak Daripada Minum Minuman Berkalori

Membatasi kalori cair dari soda, minuman kaleng yang manis, minuman jus buah yang ditambah gula dan dikemas dalam botol adalah salah satu cara paling sederhana untuk menurunkan kalori dan gula kita. Minuman manis seperti soda tidak memberikan nilai gizi. Selain dari tidak memberikan nilai gizi, minuman tersebut rasanya terlalu manis, dan tidak membantu kita yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

Jadi mengapa repot-repot minum minuman seperti itu? Sebaliknya, lebih baik memilih untuk meminum air putih yang memang diketahui memiliki khasiat yang luar biasa. Air putih akan membuat tubuh kita terhidrasi tanpa adanya asupan kalori. Cobalah minum segelas air putih sebelum makan, setiap kali makan berat atau makanan ringan, dan sehingga akan mengurangi porsi makan anda dan kalori yang masuk tidak terlalu besar.

4. Memilih Buah-buahan Untuk Makanan Cemilan Dibandingkan Makanan Chips Kentang

Sangat mudah sebetulnya menjadikan buah-buahan menjadi makan ringan. Memilih berbagai macam buah segar. Kebanyakan dari kita lebih mengambil sekantong keripik karena lebih mudah. Sebetulnya memilih buah juga bisa menjadi gampang, jika kita menyadari betapa pentingnya buah-buahan dijadikan cemilan.

Caranya adalah kalau kita sedang di luar rumah sebaiknya ketika membeli makanan ke mall atau mini market selalu pilih buah-buahan untuk cemilan kita, atau bisa disimpan dalam lemari es kita ketika kita sampai di rumah, dan membawa buah-buahan tersebut ketika kita pergi keluar kota. Simpan buah apel di tas kita untuk di jalan pada saat kita akan bekerja; ini akan membantu ketika kita membutuhkan cemilan pada saat sebelum waktu makan siang. Mencampurkan buah dengan yogurt juga lebih bagus ketika kita makan malam.

5. Kunyah Makanan Dengan Baik

Ketika kita mengunyah makanan dan memperhatikan apa yang kita makan, kita akan makan lebih lambat, dan biasanya porsi yang dimakan akan lebih sedikit. Dibutuhkan setidaknya 15 menit bagi tubuh kita untuk mengetahui bahwa kita sudah penuh oleh makanan. Ketika kita makan dengan cepat, kita cenderung sering makan terlalu banyak dan akhirnya merasa tidak nyaman karena terlalu banyak makan.

Itulah, artikel mengenai kebiasaan sehat pada saat puasa yang harus diterapkan yang mungkin terkadang kita lupakan. Seperti sederhana tapi berdampak luar biasa pada tubuh kita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.