Header Ads

3 HIIT Core Exercise, Inilah Latihan Menguatkan Otot Inti Tubuh

3 HIIT Core Exercise, Inilah Latihan Menguatkan Otot Inti Tubuh. Salam sobat pembaca dunia olahraga. Postingan kali ini akan membahas mengenai HIIT yang bertujuan untuk meningkatkan performa kita baik itu untuk sprint, menendang atau memukul bola, mengangkat beban dengan melatih komponen inti tubuh kita yaitu perut tengah (abdomen), punggung bagian bawah (lower back) dan perut bagian samping (obliques).

Bagaikan sebuah mobil kelas premium yang memiliki kapasitas mesin yang sangat bagus, contohlah seperti pabrikan lamborghini, aston martin, ferrari, dodge dsb. Mesin mobil pabrikan perusahaan tersebut memiliki kapasitas luar biasa. Begitu pula dengan otot kita, yang merupakan alat gerak aktif dan dibutuhkan ketika melakukan gerakan. Untuk menampilkan sebuah gerakan yang tingkat koordinasinya sulit maka dibutuhkan otot inti tubuh atau core muscle yang sangat bagus.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas latihan menguatkan otot inti tubuh dengan latihan 3 hiit core exercise. Lakukan latihan ini setidaknya 4 kali dalam satu minggu, dan coba lihat hasilnya dalam waktu satu bulan. Penasaran apa saja latihannya? akan dijelaskan di bawah ini.

3 Gerakan HIIT Core Exercise Perkuat Inti Tubuh

1. Plank Pikes

Gerakan ini merupakan bentuk gerakan lain dari plank biasa yang menantang otot perut bagian tengah (rectus abdominus) kita . Cara pelaksanaannya adalah ambil posisi plank dengan tubuh bagian atas ditopang oleh sikut kita dan lengan bagian bawah, kaki rapat dengan posisi punggung lurus. Secara perlahan jingjit kaki dan luruskan bahu dengan lengan bagian atas sehingga pantat naik ke atas dan  membentuk seperti segitiga, kemudian kembali lagi ke posisi plank. Lakukan latihan ini sebanyak 15 kali.

2. Standing Bird Dogs

Latihan ini berfokus pada otot punggung bagian bawah dan meningkatkan keseimbangan. Cara pelaksanaannya adalah berdiri dengan kedua kaki kemudian gerakan lengan kanan kita ke depan, lengan kiri lurus ke belakang bersamaan dengan kaki kiri, kaki kanan menjadi tumpuan seperti pada gambar di samping, begitu juga sebaliknya dengan lengan bagian kiri yang ke depan, lengan kanan lurus ke belakang bersamaan dengan kaki kanan, kaki kiri menjadi tumpuan. Dihitung satu kali ketika beres melakukan kanan dan kiri. Lakukan latihan ini 2 set dengan 10 kali melakukan dalam tiap satu set.

3. Twisting Crunches

Latihan ini bertujuan untuk melatih otot perut bagian samping (obliques). Cara pelaksanaannya adalah tangan kita di belakang kepala, tungkai diangkat sedikit, kemudian lakukan gerakan menyilang mempertemukan sikut dengan lutut. Kalau sikut kanan yang bergerak maka harus disentuhkan dengan lutut kiri sedangkan posisi tungkai kanan tetap lurus tanpa menyentuh lantai, begitu pula sebaliknya ketika sikut kiri yang bergerak maka harus disentuhkan dengan lutut kanan sedangkan tungkai kiri tetap lurus tanpa menyentuh lantai. Hitungan satu kali adalah ketika bagian kanan dan kiri sudah melakukan. Lakukan latihan ini sebanyak 12 kali.

Itulah sobat pembaca dunia olahraga, latihan yang dapat memperkuat inti tubuh kita yang menjadi penopang segala macam aktifitas kita dalam berolahraga maupun aktifitas kita sehari-hari. Dengan otot sebagai alat gerak aktif akan lebih efisien dan efektif dalam pengeluaran tenaga.

Sekian postingan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat dunia olahraga sekalian. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.