Header Ads

Manfaat Latihan Power Dengan Plyometric

Manfaat Latihan Power Dengan Plyometric. Salam sobat dunia olahraga, mungkin sebagian besar dari kita pernah mendengar istilah power dalam olahraga yang artinya adalah daya ledak otot. Pengertian power adalah kemampuan otot atau sekelompok otot untuk melakukan gerakan secara eksplosif dalam waktu yang sangat singkat. Hampir semua cabang olahraga yang karakteristiknya terdapat gerakan-gerakan yang kuat dan cepat membutuhkan komponen kebugaran jasmani ini yaitu daya ledak otot atau power.

Latihan yang dapat meningkatkan daya ledak otot atau power ini adalah latihan Plyometric. Setiap latihan yang mencakup gerakan eksplosif, contohnya seperti gerakan burpees, jump lunges, dan box jumps. Ingin tahu mengapa sebaiknya kita melakukan latihan ini secara teratur? Berikut alasannya:
Manfaat Latihan Power Dengan Plyometric

Manfaat Plyometric

1. Membakar Lemak Lebih Banyak

Karena plyometric adalah latihan dengan intensitas tinggi alami, yang membantu Anda membakar lebih banyak lemak daripada latihan moderat biasanya. Efek afterburn dari latihan plyometric akan meningkatkan metabolisme Anda hingga 24-48 jam jika dilakukan setelah latihan HIIT. Hal ini akan membuat tubuh Anda terus membakar kalori lebih lama bahkan setelah latihan berakhir.

2. Meningkatkan Performa Atletik

Apakah Anda seorang pelari? Latihan plyometric dapat membantu meningkatkan performa dan kinerja Anda. Latihan ini juga membantu Anda mendapatkan bentuk ideal meskipun diiring dengan berbagai macam olahraga atau kegiatan yang Anda suka untuk karena plyometric merupakan cara yang bagus untuk membangun kekuatan.

3. Meningkatkan Koordinasi

Jika Anda rentan untuk tersandung, jatuh, dan memar saat berlari, latihan plyometric benar-benar dapat membantu. Gerakan melompat-lompat mungkin terasa aneh pada awalnya, tetapi dengan memasukkannya secara teratur dalam akan meningkatkan koordinasi, membuat Anda lebih sehat, dan mengurangi rawan terhadap cedera di kemudian hari.

4. Manfaat Lebih Banyak Dengan Waktu Yang Sedikit
Daripada berjam-jam berlatih dengan elliptical machine dalam waktu satu jam atau bahkan lebih, latihan plyometric dan HITT dapat membantu Anda mendapatkan tubuh ideal dalam beberapa menit jika Anda lakukan secara teratur. Latihan ini juga lebih efektif dan cepat sehingga membuat Anda terjauh dari alasan untuk tidak berlatih.

5. Membangun Kekuatan Tubuh

Latihan plyometric benar-benar fokus pada peningkatan kekuatan dan efisiensi dari serat otot jenis fast twitch. Ini artinya dengan melakukan plyometric secara teratur dapat mengakibatkan peningkatan kedua aspek, kekuatan dan kecepatan.

6. Meningkatkan Detak Jantung

Tidak ada latihan yang dapat meningkatkan detak jantung Anda dalam waktu singkat selain latihan plyometric. Meningkatkan detak jantung secara teratur dapat membantu membuat jantung Anda lebih sehat.

7. Membangun Kesehatan Sendi Dan Tulang

Setiap jenis latihan ketahanan dapat membantu membangun dan menjaga kesehatan sendi dan tulang, tidak terkecuali dengan latihan plyometric. Sertakan latihan seperti squat jump, tuck jump, dan plank jump dalam latihan Anda. latihan tersebut akan membantu membangun kesehatan sendi dan tulang seumur hidup.

Itulah artikel mengenai manfaat latihan power dengan plyometric. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.