Header Ads

Latihan Core Stability Exercises yang Terlupakan Tapi Sangat Penting

Latihan Core Stability Exercises yang terlupakan tapi sangat penting. Artikel kali ini akan membahas mengenai Latihan Core stability exercises. Latihan core ini merupakan jenis latihan untuk menguatkan inti tubuh kita sebagai penopang kinerja antara tubuh bagian atas dengan bagian bawah. Latihan ini memang terkesan asing tapi sebetulnya gerakan-gerakannya sudah banyak dilakukan dan dikenal tapi seolah-olah terlupakan padahal sangat penting sekali. Seperti pada saat kita melakukan latihan otot punggung bagian bawah, secara tidak disadari, kita sedang melatih otot core (inti) tubuh.

Apa itu Latihan Core Stability Exercises?

Latihan core stability exercises merupakan model latihan yang digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas pusat/batang tubuh. Core stability mengacu pada kemampuan tubuh untuk mempertahakan posisi dan gerakan pada pusat tubuh. Pusat tubuh tersusun atas beberapa otot yakni, transversus abdominus, multividus, diaphragm, pelvic floor muscle. Otot-otot tersebut bekerja bersama untuk menghasilkan keseimbangan yang sempurna pada abdominal dan lumbal.

Core stability exercises bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dari sekelompok otot tersebut. Core stability exercises memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat digunakan untuk pencegahan cedera akibat posisi postur yang buruk dan rehabilitasi pasca cedera, program ini juga bermanfaat untuk meningkatkan prestasi atlet.

Latihan ini terdiri dari dua bentuk latihan, yakni latihan kelentukan dan latihan kekuatan. Demi hasil yang maksimal, program kekuatan dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu minggu (Princeton, 2014).

Latihan Core Stability Exercises yang Terlupakan Tapi Sangat Penting

Ciri Khas Latihan Core Stability Exercises

Pada latihan core stability exercises dikenal yang disebut dengan kinetik chain yang bekerja pada saat :
  1. Control secara optimal
  2. Mendistribusikan tekanan yang merata
  3. Mengefisienkan semua gerakan secara optimal
  4. Tanpa latihan yang berlebihan
  5. Tanpa melakukan gerakan yang berlebihan
  6. Sendi dalam keadaan stabil
Prinsip dalam latihan core stability exercises yaitu setiap melakukan gerakan selalu melibatkan 3 bidang gerak artinya apabila melakukan gerakan ke salah satu bidang gerak tubuh maka otot yang bekerja bukan hanya pembentukan gerakan pada otot tersebut tapi dibantu juga oleh otot yang berada disekitar bidang gerak tersebut. Misalnya gerakan fleksi trunk pada panggul atau latihan otot punggung bagian bawah, gerakannya dibentuk oleh rektus abdominis, oblique internus abdominis, oblique eksternus abdominis, psoas mayor, psoas minor, tapi dibantu juga oleh otot gluteus maximus. (Kahle, 2009).

Pada artikel sebelumnya di website ini juga sudah di bahas mengenai beberapa bentuk latihan core yang memang sangat vital sekali terhadap daya dukung tubuh kita dalam melakukan latihan olahraga dan aktivitas sehari-hari.

Latihan core ini juga bisa digunakan sebagai latihan fisik atlet bulutangkis, sepakbola, bola basket dsb. Dan bisa juga digunakan sebagai cara membentuk perut wanita menjadi lebih langsing dan ideal. Latihan core stability exercises ini bisa juga dijadikan sebagai cara tepat melakukan gerakan fitnes di rumah tanpa alat olahraga apapun, karena gerakannya hanya mengandalkan beban tubuh sendiri.

Konsep Latihan core stability exercises juga terwujud dalam beberapa bentuk latihan olahraga yang sudah populer seperti latihan yoga, latihan pilates, hiit bodyweight workout dsb. Bahkan banyak juga beberapa instruktur fitness di gym yang menggunakan latihan core stability exercises sebagai cara membentuk perut sixpack dengan cepat.

Jangan lupa melakukannya harus sesuai dengan tata cara berolahraga yang benar seperti dimulai dengan pemanasan => inti => pendinginan.

Dengan mengetahui sebuah konsep latihan, maka kita akan paham apa yang sedang kita lakukan, bukan hanya mengikuti trend olahraga saja yang banyak dilakukan pada saat ini. Ketahui konsepnya, pahami dan lakukan, sehingga efeknya akan sangat bermanfaat sekali bagi tubuh.

Itulah artikel mengenai latihan core stability exercises yang terlupakan tapi sangat penting. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Jika dirasa bermanfaat, silahkan share ke teman atau keluarga anda. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.