Header Ads

5 Bentuk Latihan Pilates untuk Kebugaran

5 Bentuk Latihan Pilates untuk Kebugaran. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bentuk latihan pilates yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh kita. Olahraga pilates memang sedang banyak diminati oleh wanita yang ingin membentuk tubuhnya menjadi ideal. Beberapa postingan artikel sebelumnya juga banyak membahas olahraga pilates. Munculnya olahraga pilates ini, menjadi alternatif olahraga yang bisa dilakukan oleh masyarakat di rumah masing-masing.

5 Bentuk Latihan Pilates

Kita akan khusus membahas mengenai bentuk latihan olahraga pilates ini. Bentuk latihan pilates ini banyak melatih bagian core (otot inti tubuh) kita. Seperti otot perut, otot panggul dsb.

1. The Hundreds Basic

5 Bentuk Latihan Pilates untuk Kebugaran - the hundreds basic
Fungsi Latihan : Melatih otot perut, pantat, dan kaki
  1. Posisi awal tidur terlentang dengan kedua lutut dibengkokan, jari- jari kaki menunjuk, kaki dan telapak kaki diputar keluar, tumit berdekatan. Letakan kedua lengan di samping badan. Angkatlah kedua kaki dan lengan pada waktu mengangkat kepala dan bahu dari lantai.
  2. Tarik napas 5 hitungan dan gerakan kedua lengan ke atas dan ke bawah 5 kali, sambil merentangkan kedua kaki keluar dan ke atas menyudut. Kemudian keluarkan napas selama 5 hitungan dan pompakan kedua lengan 5 kali dan bengkokan lutut lagi.
  3. Ulangi latihan ini 10 kali hingga sampai berjumlah 100 kali lengan memompa.

    2. The Hundreds Single Leg

    5 Bentuk Latihan Pilates untuk Kebugaran - the hundreds single leg
    Fungsi Latihan : Melatih Otot Perut dan Kaki
    1. Posisi awal tidur terlentang dengan kedua kaki lurus, rentangkan kedua tangan di samping badan, kemudian tangan diangkat sedikit pada waktu mengangkat kepala dan kedua bahu dari lantai, rentangkan kedua kaki dan naikan kurang lebih 45 derajat.
    2. Secara perlahan-lahan tariklah lutut kanan sampai menjadi 1 baris di atas pinggul kanan dan putarlah sedikit ke dalam ke arah kiri, kemudian secara perlahan-lahan geserkan kaki kanan hingga lurus kembali. Ulangi dengan kaki kiri untuk melengkapi 1 kali pengulangan dan lakukan sebanyak 10 kali pengulangan.

      3. Spine Rotation

      5 Bentuk Latihan Pilates untuk Kebugaran - spine rotation
      Fungsi Latihan : Melatih Otot Perut, Pantat, dan Kaki
      1. Posisi awal duduk dengan kedua kaki di rentangkan dan diputar keluar dari pinggul, tumit saling berdekatan, jari-jari kaki terpisah beberapa centimeter. Kontraksikan betis dan terus dikencangkan selama melakukan latihan, dan kedua lengan direntangkan keluar sampai keduanya setinggi bahu, telapak tangan menghadap kebawah.
      2. Pada waktu mengeluarkan napas, putarlah bagian atas ke kanan, dada diusahakan tegak, dan gunakan perut untuk menguatkan gerakan. Kemudian tariklah napas pada saat kembali ketengah, ulangi ke kiri untuk melengkapi 1 kali ulangan. Lakukan sebanyak 10 kali pengulangan.

      4. Side Leg

      5 Bentuk Latihan Pilates untuk Kebugaran - side leg
      Fungsi Latihan : Melatih Otot Perut dan Lengan
      1. Posisi awal seperti papan, bertumpu pada kedua tangan dan kedua jari kaki, kemudian angkatlah kaki kanan hamper setinggi pantat dan kaki dalam keadaan dorsi fleksi.
      2. Putarlah kaki keluar dari pinggul, kemudian secara perlahan-lahan gerakan keluar kearah kanan. Tarik kembali kaki kedalam dan turunkan ke posisi semula, kemudian ganti dengan kaki kiri untuk melengkapi satu ulangan. Lakukan 10 kali pengulangan.

      5. Rolling

      5 Bentuk Latihan Pilates untuk Kebugaran - rolling
      Fungsi Latihan : Melatih otot perut
      1. Posisi awal duduk dengan kedua lutut terpisah sedikit dan tarik kearah dada. Kedua kaki dinaikkan dari lantai dan jari-jari saling berdekatan dan pada posisi point. Bengkokkan punggung hingga mata melihat kearah pusar. Rentangkan kedua lengan kedepan setinggi bahu, kedua telapak tangan menghadap kedepan dan sedikit diputar kebelakang sampai menemukan titik perimbangan.
      2. Tariklah napas dan bergulunglah kebelakang pada bahu dan tulang belikat, kemudian secara cepat keluaran napas pada waktu menggulung ke atas dan kembalilah pada posisi berimbang. Usahakan kedua tangan direntang waktu mengangkat kaki dan kembali. Lakukan latihan ini 10 kali pengulangan.
      Dengan melakukan 5 bentuk latihan pilates untuk kebugaran ini secara rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu bisa memberikan efek positif pada kebugaran tubuh kita.

      Itulah artikel mengenai 5 bentuk latihan pilates untuk kebugaran. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima kasih.

      Tidak ada komentar

      Diberdayakan oleh Blogger.