Header Ads

30 Menit Olahraga Kardio HIIT di Rumah untuk Melangsingkan Badan

30 Menit Olahraga Kardio HIIT Per Hari untuk Melangsingkan Badan. Cara sehat untuk melangsingkan badan adalah dengan menggunakan olahraga dan melakukan pola hidup sehat. Olahraga yang dilakukan untuk melangsingkan badan harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh kita supaya mendapatkan manfaat dalam melakukan olahraga tersebut. Hal mendasar dari melangsingkan badan adalah membakar cadangan energi kita berupa lemak menjadi energi gerak untuk beraktivitas fisik. Konsep tersebut bisa dicapai jika kita bisa berolahraga kardio minimal 30 menit di rumah. Olahraga kardio pada saat ini ada yang disebut dengan latihan kardio HIIT (high intensity interval training) yang merupakan jenis olahraga kardio menggunakan intensitas tinggi dengan diselingi waktu istirahat antara gerakannya.

Membakar Cadangan Energi untuk Melangsingkan Badan

Untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga, kita membutuhkan energi yang berasal dari makanan yang dimakan setiap hari. Bahan baku energi gerak kita adalah karbohidrat dan lemak. Sebagai bahan baku utama adalah karbohidrat, sedangkan lemak sebagai bahan cadangan untuk dijadikan energi ketika kadar glukosa dari karbohidrat habis.

Pada saat melakukan aktivitas fisik, berkaitan sekali dengan sistem energi sebagai penyedia energi tubuh manusia. Sistem energi manusia terdiri dari dua bagian yaitu anaerobik dan aerobik. Penyediaan energi menggunakan sistem energi anaerobik berasal dari ATP-PC yang sudah tersimpan di dalam otot yang akan habis selama 10 detik ketika bekerja dengan kontraksi otot yang kuat dan cepat. ATP-PC tersebut berasal dari karbohidrat kita yang dipecah menjadi glukosa.
30 Menit Olahraga Kardio HIIT di Rumah untuk Melangsingkan Badan
Sedangkan sistem energi aerobik, penyediaan energinya dari bahan baku lemak yang dipecah menjadi asam lemak dan gliserol. Ketika sudah dipecah menjadi dua bagian maka untuk membentuk energi ATPnya menggunakan oksigen yang dihirup oleh sistem pernapasan.

Lemak akan dibakar menjadi energi jika ada oksigen yang masuk ketika berolahraga. Maka untuk membakar lemak yang merupakan sebuah usaha untuk melangsingkan badan, kita harus berolahraga menggunakan sistem energi aerobik dengan syarat suplai oksigen terus menerus masuk ke dalam tubuh.

Olahraga yang menggunakan sistem energi aerobik diantaranya seperti lari jogging dengan durasi waktu yang lama atau biasa disebut steady state. Durasi lama di atas 30 menit dengan intensitas yang konstan tidak berubah ubah. Ada juga olahraga yang menggunakan intensitas tinggi tapi masih dikatakan olahraga aerobik dikarenakan dalam melakukannya masih menggunakan suplai oksigen dari luar. Olahraga tersebut adalah olahraga kardio HIIT (high intensity interval training) menggunakan intensitas sub-maksimal yaitu 85% dari DNM (denyut nadi maksimal). Untuk menghitung intensitas dalam berolahraga bisa dilihat pada artikel cara menghitung intensitas latihan dalam berolahraga.

30 Menit Olahraga Kardio HIIT

Untuk melangsingkan badan dengan cara membakar lemak tubuh, kita harus melakukan olahraga kardio. Salah satunya adalah olahraga kardio HIIT. Berikut ini adalah gerakan-gerakan yang bisa dilakukan oleh para pembaca untuk melangsingkan badan dengan cara membakar lemak.

Step 1 => Pemanasan menggunakan bentuk gerakan fleksibilitas

Step 2 => Gerakan 30 Menit Olahraga Kardio HIIT

Seal Jack (45 Detik), istirahat 15 detik
seal jack

Mountain Climbers (45 detik), istirahat 15 detik
Mountain Climbers

Wall Sit (45 detik), istirahat 15 detik
Wall Sit

Crunch (45 detik), istirahat 15 detik
Crunch exercise

Split Jack (45 detik), istirahat 15 detik
Split Jack

Burpees (45 detik), istirahat 15 detik
Burpees

Plank Pikes (45 detik), istirahat 15 detik
Plank Pikes

Break Dancer (45 detik), istirahat 15 detik
Break Dancer

Jumping Jack (45 detik), istirahat 15 detik
jumping jack

High Knees (45 detik), istirahat 15 detik
high knees

Step 3 => Pendinginan dengan meregangkan kembali sendi dan otot yang sudah digunakan untuk berolahraga

Lakukan 10 gerakan olahraga kardio HIIT tersebut sebanyak 3 set, 1 set sebanyak 10 gerakan.

Rutinkan olahraga kardio HIIT ini sebagai cara untuk melangsingkan badan minimal 3 kali dalam waktu satu minggu.

Itulah artikel mengenai 30 Menit Olahraga Kardio HIIT di Rumah untuk Melangsingkan Badan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dunia olahraga. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.