Header Ads

6 Prinsip Utama Olahraga Pilates

6 Prinsip Utama Olahraga Pilates. Artikel kali ini kita akan membahas mengenai 6 prinsip utama olahraga pilates yang sedang populer dikalangan masyarakat saat ini. Olahraga pilates ini banyak digemari karena memang gerakannya sangat dirasa nyaman mungkin bagi para penggiatnya. Hampir mirip dengan olahraga yoga yang memiliki prinsip-prinsip dalam melakukannya, pada olahraga pilates juga terdapat beberapa prinsip utama yang harus diketahui dan dipahami serta dilakukan oleh penggiat olahraga pilates ini.

6 Prinsip Utama Olahraga Pilates

Prinsip olahraga pilates ini terdiri dari nafas, konsentrasi, pengendalian, berpusat, presisi dan mengalir. 6 Prinsip pilates tersebut harus dipahami dan diresapi dalam melakukan gerakan olahraga pilates ini.
6 Prinsip Utama Olahraga Pilates

1. Nafas
Gerakan yang dilakukan menggunakan nafas yang benar yaitu pernapasan perut. Pernapasan perut dapat mendorong tulang belakang bersama otot- ototnya kembali berfungsi secara seimbang.

2. Konsentrasi
Setiap gerakan dan hitungan dalam pilates harus dilakukan dengan penuh konsentrasi.

3. Pengendalian
Pilates membutuhkan kontrol pikiran dan tubuh. Setiap gerakan harus direncanakan guna mengurangi risiko cedera pada tubuh.

4. Berpusat
Perhatian harus terpusat pada tujuan berlatih pilates. Misalnya tujuannya untuk menguatkan otot perut.

5. Presisi
Setiap gerakan harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat, misalnya jika harus mengangkat kaki 90 derajat, harus tepat 90 derajat.

6. Mengalir
Dalam pilates, gerakan dilakukan dengan sifat kontinyu. Maka itu, penting untuk berkonsentrasi selama latihan individual.

Keenam prinsip pilates diatas adalah faktor utama dalam menentukan kualitas latihan pilates. Maka akan menemukan bahwa, tidak seperti kebanyakan sistem latihan, pilates tidak memberikan banyak pengulangan untuk setiap gerakan.

Saat melakukan latihan secara penuh, dengan presisi mungkin akan memberikan hasil yang signifikan dalam waktu singkat dibandingkan repetisi seperti banyak ditemukan pada olahraga lain. Bukan hanya itu, pilates exercises pada prinsipnya menghasilkan penguatan dan penguluran, misalnya fleksi trunk otot agonisnya akan mengalami penguatan sedangkan antagonisnya mengalami penguluran (Menezes, 2000).

Itulah artikel mengenai 6 prinsip utama olahraga pilates. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.