Header Ads

Sehat Dengan Bersepeda

Sehat dengan bersepeda. Bersepeda (gowes) merupakan sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu mode trasportasi darat yang menggunakan sepeda. Banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya bukit-bukit, medan yang terjal maupun hanya sekedar berlomba kecepatan saja. Tentu menangtang bukan. 

Bersepeda juga merupakan sarana untuk refresing. Dengan bersepeda di pagi atau sore hari, selain berolahraga kita juga bisa melihat-lihat suasana kota dan sebaliknya dengan santai (alam,tanaman) untuk sekedar menghilangkan rasa jenuh atau mencari ide yang segar. Jika kita perhatikan, banyak pesepeda melakukan kegiatannya sambil mendengarkan musik earphone dan sekali-kali ikut bernyanyi. 

Selain mengasikan, tentu bukan hal yang baru lagi jika bersepeda merupakan aktifitas yang sangat menyehatkan tubuh.

Sehat Dengan Bersepeda

Dengan bersepeda akan dapat mengatasi masalah ini yaitu yang pertama, latihan fisik secara terus-menerus yang akan membantu mengembalikan kemampuan discs berikut suplai “makanan” menjadi optimal kembali. Lalu, otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga dapat menbantu kerja tulang belakang. Jadi bersepeda juga dapat menstabilkan kinerja tulang punggung.

Olahraga bersepeda yang paling banyak memiliki manfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh kita. Jadi, bersepeda merupakan olahraga yang murah, bisa menghilangkan stress, melatih otak kanan (kreativitas modifikasi), menjalin komunitas (bertambah teman) dan juga ramah terhadap lingkungan (go green). 

Kesehatan olahraga sudah mulai dikenal di dalam masyarakat dan telah menjadi salah satu gaya hidup mereka untuk menjaga kesehatan, bahkan untuk menyembuhkan sebuah penyakit yang sudah lama dirasakan  dengan program yang terencana.

Intensitas Berolahraga

Olahraga kesehatan sangat berbeda dengan olahraga prestasi. Banyak yang tidak mampu membedakan antara olahraga kesehatan dan olahraga prestasi, olahraga kesehatan dan olahraga prestasi berbeda, hal yang mendasar yang sangat berbeda adalah intesitasnya, intensitas perbedaan antara olahraga prestasi dan olahraga kesehatan mempunyai patokan intensitas yang jelas.

1.Intensitas olahraga kesehatan : 65-80 % dari DNM dengan lama latihan 20 – 30 menit.

2. Intensitas olahraga prestasi : 80 – 90 % dari DNM dengan lama latihan 40 – 120 menit.

Olahraga kesehatan mempunyai ciri ciri diantaranya : gerakan yang mudah, intensitasnya sub maksimal dan yang jelas tidak dipertandingkan, olahraga kesehatan ini harus homogen serta gerakan dari olahraga kesehatan tidak boleh ada unsur eksplosifnya yang maksimal serta emosional.

Manfaat Bersepeda

Bersepeda atau yang populer disebut gowes, adalah termasuk sebagai salah satu jenis olahraga ringan yang mudah dilaksanakan oleh segala usia. Mengenai manfaatnya bagi kesehatan, bersepeda juga tak kalah besar dari olahraga berjalan kaki, jogging bahkan aerobik. Bepergian dengan sepeda kayu akan membantu Anda meningkatkan fitalitas, membakar kalori dan menghilangkan stres. Beberapa manfaat bersepeda:

  1. Cepat membakar kalori
  2. Membakar lemak dan mempertegas otot
  3. Meningkatkan suasana hati (mood)
  4. Dapat mencegah penyakit jantung
  5. Berdampak cidera rendah
  6. Bagus untuk meningkatkan stamina
  7. Meningkatkan kekebalan tubuh
  8. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.