Header Ads

Sejarah Pendidikan Jasmani Jerman

Sejarah Pendidikan Jasmani Jerman. Selama beberapa dekade pendidikan jasmani di Jerman sejajar dengan politik bangsa. Jahn adalah pertama dan terutama seorang nasionalis Jerman, juara liberalisme, pembela dari orang biasa. Dia berkampanye penuh semangat untuk menyatukan Jerman dan menanamkan kebencian tentang segala sesuatu yang bersifat asing. Dia dihormati sebagai ayah dari senam Jerman dan dari masyarakat Turner, tetapi sebenarnya ia bukan pendidik fisik dalam arti profesional. Dia mempublikasikan salah satu buku tentang pendidikan jasmani pada tahun 1816, Senam Jerman, (Die Deutsche Turnkunst). Tetapi untuk Jahn, "pendidikan jasmani itu bukan tujuan. Itu adalah sarana untuk akhir nasional" Karena penggabungan awal dengan liberalisme maka pendidikan jasmani pada umumnya ditekan setelah Perang Pembebasan sampai 1840-an.

Senam dalam Pendidikan Jasmani Jerman

Pada saat ini Adolph Spiess (1810-1858) menyelenggarakan senam untuk digunakan di sekolah dan mengadopsinya sebagai bagian integral dari kurikulum pendidikan. Di dalamnya terdapat dua volume yaitu, Sistem Senam (Die Lehre der Turnkunst) dan Manual Senam untuk Sekolah (Turnbuch bulu Schulen), terbentuk dasar untuk standar pendidikan jasmani di sekolah Jerman. Kemudian, Hugo Rothstein (1810-1865), seorang kontemporer Spiess, memperkenalkan sistem senam Ling Swedia dan berusaha untuk menerapkan pada tentara dan sekolah-sekolah. Setelah tahun 1870 dan sampai Perang Dunia I, sistem Spiess dan Rothstein menyatu dan membentuk program pendidikan jasmani sekolah Jerman.
sejarah pendidikan jasmani jerman
Pada pergantian abad kedua puluh, laju keberadaan industri di perkotaan dan reaksi untuk formalisme dan militerisme di sekolah. Dihasilkan dalam pengembangan taman bermain, olahraga, dan gerakan pemuda. Konrad Koch (1846-1911), Agustus Hermann (1835-1906), dan Emil Theodor Gustav von Schenckendorff (1837-1915) memberikan kontribusi terhadap pembentukan program bermain dan membangkitkan minat pada atletik.

Karl Fischer memberikan kepemimpinan kepada gerakan pemuda. Richard Schirrmann adalah kekuatan pendorong di belakang program Youth Hostel. Pengaruh-pengaruh informal dan liberalisasi, tenggelam ketika Sosialis Nasional berkuasa pada tahun 1933.

Tokoh Pendidikan Jasmani Jerman

Tokoh pendidikan jasmani dan olahraga Jerman di abad kedua puluh yang tidak diragukan lagi adalah Carl Diem (1882-1962). Dia diasumsikan memimpin perkembangan gerakan olahraga ketika dia mulai aktif pada Komite Olimpiade Jerman pada tahun 1906. Dia adalah tokoh kunci dalam upaya untuk mencapai perdamaian antara Turner dan penggemar olahraga sebelum Perang Dunia pertama.

Diem mengepalai komisi yang mengunjungi Amerika Serikat pada tahun 1913 dan kembali dengan banyak ide untuk meningkatkan program Jerman dan praktek. Dia meresmikan Badge Sport Jerman pada tahun 1913 berdasarkan pada tes kemampuan Swedia, dan 2,3 juta penduduk Jerman menerima penghargaan ini yang didambakan selama hidupnya.

Institusi pendidikan guru yang terkenal, Deutsche Hochschule fiir Leibesfibungen, dimulai di Berlin pada tahun 1920. Merupakan gagasan dari Diem dan ia menjabat sebagai wakil presiden sampai sekolah itu diambil alih oleh kaum Sosialis Nasional pada tahun 1933.

Diem berperan penting dalam pembukaan kembali Sporthochschule di Cologne pada tahun 1947, yang menyediakan kebutuhan dan pemimpin berkualitas baik untuk periode pembangunan yang sulit. Organisasi ahli dari Olimpiade 1936 di Berlin adalah tanggung jawabnya dan sebagai bagian dari permainan, ia melakukan Youth Camp, sebanyak tiga puluh siswa pendidikan jasmani diundang dari setiap negara peserta.

Kerja yang dibatasi oleh Nazi setelah tahun 1936, kemudian ia mulai menggali keilmuan di Olympia di Yunani yang akhirnya selesai pada tahun 1961. Di antara banyak tulisannya adalah pekerjaan, komprehensif Sejarah Dunia Olahraga dan Pendidikan Jasmani (Olahraga dan Weltgeschichte des der Leibeserziehung), diterbitkan pada 1960.

Nama Carl Diem termasuk ke dalam pemimpin besar dalam olahraga dan pendidikan jasmani dari semua negara dan untuk semua usia. 

Itulah artikel mengenai sejarah pendidikan jasmani jerman. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Terima Kasih.


DAFTAR PUSTAKA
Van Delen B. Deobold, Bennet L. Bruce. 1971. A World History of Physical Education 2nd edition.  Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.