Header Ads

Short Term Memori dan Long Term Memori

Short Term Memori dan Long Term Memori. Eksplorasi otak dan motor perolehan keterampilan dan kinerja tidak akan lengkap tanpa sebuah diskusi tentang memori. Memori adalah kemampuan untuk menyimpan dan mengingat informasi. Informasi tersebut mungkin nomor telepon teman atau mungkin ini menunjukkan pengalaman masa lalu gerakan yang membantu Anda membuat keputusan tentang apa respon motor untuk membuat dan bagaimana membuatnya.

Beberapa perubahan harus terjadi dalam Sistem saraf pusat agar pengalaman menjadi terwakili dalam memori. Sedangkan bagian otak, termasuk korteks asosiasi parietal, frontal, lobus oksipital dan temporal, bagian dari sistem limbik dan diencephalon, yang diketahui terkait dengan memori banyak tentang fungsinya masih belum diketahui.

A. Komposisi Memori 

Sebuah model populer dari memori yang ditawarkan oleh Atkinson dan Shiffrin (1968,1971) mengusulkan bahwa memori terdiri dari tiga sistem yang berbeda, masing-masing yang ditentukan oleh karakteristik penyimpanan dan pengolahan.

Pemberhentian cepat dalam memori untuk aliran informasi yang dikirimkan oleh reseptor tubuh adalah input sensorik. Karena kapasitas yang besar, itu menyimpan kekayaan informasi dapat diadakan di sini sebentar (beberapa ratus milidetik), dengan setiap modalitas (visual, kinestetik, dll) yang memiliki ruang penyimpanan yang terpisah. Pada titik ini, informasi seorang pemain selektif hadir untuk selanjutnya akan diproses, sedangkan sisanya akan hilang.Informasi yang dipilih ini kemudian diteruskan ke sistem berikutnya, memori jangka pendek, di mana kita menjadi sadar menyadarinya.

Berlawanan dengan sensorik, memori jangka pendek memiliki kapasitas terbatas dan hanya dapat sementara memegang tujuh plus atau minus dua item atau potongan informasi pada waktu tertentu (Miller, 1956). Selain itu, informasi tersebut hanya disimpan dalam ruang penyimpanan sementara untuk 20-30 detik kecuali diberi perhatian lebih lanjut melalui proses seperti pengulangan, asosiasi atau latihan. Ini pengolahan aktif juga perlu untuk mentransfer informasi untuk penyimpanan yang lebih permanen dalam memori jangka panjang. tanpa transfer ini, pembelajaran yang efektif tidak mungkin.

Memori jangka panjang ditandai sebagai memiliki kapasitas yang tampaknya tak terbatas dan durasi. terdiri dari tiga subsistem (Tulving, 1985). Dua yang pertama, memori episodik dan semantik prihatin dengan informasi faktual.

Lebih khusus lagi, memori episodik berisi informasi tentang pengalaman pribadi dan kejadian yang berkaitan dengan waktu tertentu dan konteks. Tinggi sekolah Anda tanggal kelulusan adalah contoh dari pengetahuan diwakili oleh memori episodik.

Memori semantik, di sisi lain, merupakan pengetahuan umum yang dikembangkan oleh pengalaman kita tetapi tidak terkait dengan waktu. Pengetahuan faktual, seperti warna sekolah, dan pengetahuan konseptual, seperti konsep Anda untuk sukses, termasuk dalam memori semantik.

Memori episodik dan semantik menyimpan informasi yang digunakan untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu. Informasi ini juga disebut pengetahuan deklaratif.

Subsistem ketiga, memori prosedural, mempertahankan informasi mengenai bagaimana melakukan sesuatu. Oleh karena itu memori keterampilan, operasi dan tindakan atau pengetahuan prosedural dan merupakan dasar kemampuan kita untuk mencapai tujuan gerakan.
Short Term Memori dan Long Term Memori

B. STM dan LTM

Ada lebih dari sekedar memori penyimpanan informasi. Memori jangka pendek (Sort Term Memory) dan jangka panjang (Long Term Memory) bekerja sama untuk mengintegrasikan informasi tentang situasi saat ini dan pengalaman masa lalu, yang, pada gilirannya, memungkinkan pemain untuk membuat, melaksanakan dan mengevaluasi keputusan strategis dan gerakan.

Sebagai contoh, seorang pemain tenis harus menggabungkan informasi tentang situasi saat ini, seperti posisi lawan dan tingkat kelelahan, dengan informasi diambil dari LTM tentang pengalaman masa lalu, seperti kekuatan lawan dan kelemahan dan tanggapan kemungkinan, untuk memutuskan apa yang berfungsi untuk digunakan. Selanjutnya, setelah servis yang telah dipilih, informasi tambahan dan integrasi diperlukan untuk pelaksanaannya. Proses-proses integratif berlangsung di STM (Sort Term Memory), yang juga telah diberi label memori kerja karena peran aktifnya dalam pengolahan informasi (Baddeley & Hitch, 1974).

Lupa melalui latihan, peserta didik dapat mentransfer informasi ke dalam LTM (Long Term Memory) meningkat. Namun, semua pemain, terlepas dari tingkat keterampilan, rentan terhadap fenomena lupa.

Dua teori telah diajukan untuk menjelaskan lupa. Yang pertama, yang dikenal sebagai teori pembusukan, menunjukkan bahwa lupa terjadi sebagai akibat dari perjalanan waktu. Sebuah teori kedua, teori gangguan, mengusulkan bahwa lupa dapat dikaitkan baik inhibisi proaktif atau berlaku surut. Pada inhibisi proaktif kenangan lama mengganggu retensi yang baru. Sebaliknya, penghambatan retroaktif terjadi ketika pembelajaran baru mengganggu retensi kenangan yang lebih tua.

Pada titik ini, kompleksitas yang terlibat dalam produksi gerakan harus jelas. Reseptor banyak memberikan informasi kepada berbagai tingkat SSP melalui jalur aferen untuk integrasi. Refleks yang terintegrasi di sumsum tulang belakang, sedangkan informasi yang membutuhkan pikiran sadar perjalanan sampai sumsum tulang belakang ke berbagai lokasi dari otak, di mana ia terintegrasi dan diinterpretasikan. Melalui upaya kolektif dari struktur otak banyak, termasuk korteks otak, dan ganglia basal, gerakan diatur dan sinyal dikirim ke efektor untuk menghasilkan output yang terus dipantau oleh otak kecil.

Itulah artikel mengenai short term memori dan long term memori. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pengetahuan bagi kita semua. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Referensi

Atkinson, R.C. & Shiffrin, R.M. (1968). Manusia memori: Sebuah usulan sistem dan proses kontrol. Dalam K.W. Spence dan J.T. Spence (eds.), Psikologi Pembelajaran dan Motivasi(vol.2). Orlando, FL: Akademik Tekan, hlm 89-195.

Atkinson, R.C. & Shiffrin, R.M. (1971). Kontrol memori jangka pendek. Scientific American, 225, 82-90.

Baddeley, AD & Hitch, G. (7974). Memori kerja. Dalam G.H. Bower (ed.), Psikologi Pembelajaran dan Motiaation: Adaances dalam Penelitian dan Teori (VoI.8). New York Academic Press, pp 47-89.

Tulving, E. (1985). Berapa banyak sistem memori yang ada? Amerika Psikolog, 4A, 385-398.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.