Header Ads

Sering Berolahraga dan Minum Suplemen Otot? Berapa Banyak Air Yang Harus Kita Minum Per Hari?

Salam sobat pembaca Dunia Olahraga. Kali ini saya akan coba bahas mengenai hal sederhana terkait kebiasaan kita yaitu minum air putih. Postingan ini ditujukan bagi yang suka aktfif berolahraga dan suka menambah suplemen untuk membangun otot kita.

Sebetulnya kita pasti sudah tahu ketika ditanya berapa gelas kita harus minum air putih per hari, jawabannya pasti 8-12 gelas per hari. Apakah kita benar-benar minum air putih 8 sampai 12 gelas per hari? 8-12 gelas sehari sangat bagus bagi kita yang tidak aktif berolahraga, tetapi banyak dari kita yang aktif melakukan olahraga bahkan ada juga yang melakukan body building dan dibantu oleh suplemen tambahan untuk mempercepat pembentukan otot.

Apakah standar 8-12 gelas per hari sangat bagus bagi kita yang suka berolahraga dan body building?. Sepertinya standar tersebut harus diganti menjadi 1-2 galon minum air putih per hari bagi yang suka berolahraga dan body building.
minum air putih

Bagaimana Tubuh Kita Jika Banyak Input Tapi Kurang Air Putih?

Bagi para binaraga atau kita yang sedang berusaha membentuk otot, sudah pasti biasanya menggunakan beberapa suplemen yang diminum dan masuk ke dalam tubuh kita.

Selain dari suplemen, makanan, nutrisi dan hal lainnya masuk juga ke dalam tubuh kita. Input tersebut akan masuk ke dalam tubuh dan diserap oleh pembuluh darah kita. Untuk mengalirkan nutrisi, suplemen dan sampah-sampah sisa metabolisme, dibutuhkan air yang banyak dalam pembuluh darah kita.

Semakin banyak jenis input yang masuk ke dalam pembuluh darah maka tingkat kekentalan darah akan meningkat sehingga suplemen dan nutrisi tidak bisa cepat dialirkan ke bagian tubuh kita yang sedang membutuhkan bahan baku untuk dijadikan energi, hal ini akan membuat aliran darah kita lambat tapi tekanannya tinggi. Oleh karena itu, bagi para olahragawan apalagi yang sedang meningkatkan massa otot dengan ditambah suplemen, disarankan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dari 8-12 gelas per hari.

Jangan sampai hanya minum ketika sudah haus, kepanasan atau tenggorokan terasa kering. Munculnya hal tersebut diakibatkan tubuh kita sudah kurang kadar cairannya dan suhu tubuh sudah meningkat sehingga darah berusaha untuk menstabilkan suhu tubuh dengan cara mengeluarkan keringat.

Jadwalkan dalam hidup kita per hari untuk minum air putih lebih banyak, supaya gejala seperti haus, kepanasan atau tenggorokan kering tidak terjadi. Kalau dibiarkan seperti itu, akan membuat tubuh kita menjadi dehidrasi. Jalannya adalah melakukan hidrasi untuk tubuh kita.

Sekian Postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita. Jangan lupa untuk meminum air putih sesuai dengan tingkat aktifitas fisik kita, dengan melihat kadar cairan tubuh kita yang keluar berupa keringat. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.