Header Ads

Manfaat Tidur pada Malam Hari

Salam sobat Dunia Olahraga. Postingan kali ini akan membahas kegiatan sehari-hari kita yang sangat penting bagi tubuh kita yaitu tidur pada malam hari. Banyak sekali dari kita yang mengalami dan sudah terbiasa tidak tidur pada malam hari, dengan berbagai macam alasan entah itu ada kerjaan, nongkrong dll. Tidur merupakan hal yang penting bagi tubuh.

Saat tidur, tubuh akan memulihkan dirinya dan memperbaharui energi dan kekuatan tubuh akan berfungsi dengan baik kembali. Namun, tidur yang terlalu lama juga akan membuat tubuh tidak merasa enak. Perlu kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat tidur pada malam hari, di bawah ini akan dibahas pentingnya tidur di malam hari.
manfaat tidur malam hari

Manfaat Tidur di Malam Hari

Para ilmuwan telah berusaha keras untuk memahami manfaat tidur. Dalam studi manusia dan hewan lainnya, mereka telah menemukan bahwa tidur memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh, metabolisme, memori, belajar, dan fungsi penting lainnya. Gambar di atas mengeksplorasi penemuan ini dan menjelaskan cara-cara tertentu di mana kita semua mendapat manfaat dari tidur.
Manfaatnya adalah
1. Meningkatkan Prestasi
Menurut penelitian pada tahun 2010 di Sleep Journal, anak-anak antara usia 10-16 tahun yang memiliki kelainan pernapasan saat tidur seperti mendengkur dan sleep apnes, lebih cenderung memiliki masalah dengan pembalajaran.
2. Hidup Lebih Lama
Dalam sebuah penelitian pada tahun 2010 terhadap wanita berusia 50-79, banyak kematian terjadi pada wanita yang tidur kurang dari lima jam atau lebih dari enam setengah jam tidur setiap malam.
3. Meningkatkan Daya Ingat
Selama tidur, anda dapat memperkuat kenangan atau praktek (pengalaman gerak) kegiatan sehari-hari yang sudah kita alami dan pelajari saat kita bangun. Proses ini disebut konsolidasi.
4. Mengurangi Stres
Tidur malam hari dapat mengurangi tingkat stres, dan mengontrol tekanan darah yang lebih baik.
5. Berat Badan Ideal
Penelitian di University of Chicago menemukan bahwa para pelaku diet yang tidur malam dengan jam ideal cenderung kehilangan lemak hingga 56% daripada para pelaku diet yang kurang tidur malam.
 
Anda bisa mendapatkan tidur nyenyak dengan mengatur jadwal bangun dan tidur secara teratur, menghindari minuman kafein 4-6 jam sebelum tidur, hindari alcohol dan merokok. Selain itu dengan berolahraga secara teratur juga bisa menuntaskan masalah tidur. Dengan mendapatkan tidur yang berkualitas, hidup Anda akan lebih sehat pula. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.