Header Ads

Membakar Lemak dengan Jogging Model Baru

Hai, sobat pembaca Dunia Olahraga, Postingan kali ini akan coba membahas mengenai cara pembakaran lemak dengan aktifitas jogging model baru. Sudah biasa jika ilmu pengetahuan selalu berjalan dinamis dari masa ke masa. Seperti halnya dengan pengetahuan mengenai pembakaran lemak, jika dahulu membakar lemak hanya bisa menggunakan aktifitas dengan waktu yang lama, maka pengetahuan sekarang ada perubahan bahwa untuk membakar lemak tidak mesti menggunakan aktifitas dengan jangka waktu lama. Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Meningkatkan kecepatan lari dan membantu mengikis lemak di tubuh.

Masih banyak pria yang lebih memilih bersantai di belakang meja, di atas sofa, atau duduk semalam suntuk di depan komputer, sehingga aktivitas jogging tidak lagi menjadi hal yang diprioritaskan. Dampaknya, otot-otot tubuh pun menjadi tidak digunakan dan bisa dipastikan risiko penyakit berbahaya mengancam keselamatan jiwa.

Oleh karena itu, segeralah beranjak dari sofa empuk Anda dan berlarilah. Ini adalah aktivitas fisik yang paling natural yang dianugerahkan oleh Tuhan untuk manusia. Tubuh manusia didesain untuk lebih banyak bergerak ketimbang diam.

Lari adalah latihan paling efektif untuk memaksimalkan pembakaran lemak. Dan sedikit perbaikan pada teknik lari kita, akan membuat kita mampu berlari lebih cepat dan lama.

Pemecahan rekor demi rekor yang ditorehkan para pelari kelas dunia di lintasan pendek maupun jauh sehingga mendorong para pelatih, ilmuwan olahraga dan pelari berinovasi untuk terus mencari teknik-teknik baru yang dapat membantu mereka menembus batas-batas tertinggi kecepatan manusia.

Meb Keflezighi, misalnya, orang Amerika yang sukses meraih medali perak di Olimpiade Athena. Ia melakukan banyak hal seperti; cross training, plyometric, bersepeda yang jarang sekali dilakukan oleh pelari marathon Amerika tahun 70-an, Bill Rodgers.

Terobosan yang dilakukan Keflezighi dapat membantu Anda. Inilah saatnya untuk beranjak dari sofa Anda dan melakukan jogging ‘model baru’ yang lebih hebat.
Membakar Lemak dengan Aktifitas Jogging

Berhentilah jogging dengan cara lama dan mulailah berlari dengan cara yang lebih efektif. 

Jogging Cara baru

Para pelari elit bergerak lebih efisien dan bergerak menggunakan lebih sedikit energi pada kecepatan berapapun, dibandingkan pelari biasa. Langkah yang efisien lebih nyaman buat kita dan mengurangi risiko cedera.

Sampai saat ini, para pelatih lari dan ahli biomekanik percaya bahwa pola langkah setiap individu terlalu lambat sehingga para pelari rata-rata harus belajar berlari seperti pelari elit. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kita bisa mengubah langkah kaki menjadi lebih baik, dengan sedikit kesabaran dan kedisiplinan. Tetapi lakukan hal itu secara bertahap dan lakukan teknik tersebut sampai tubuh kita melakukannya secara otomatis. Inilah tiga langkah terbaik untuk meningkatkan efisiensi berlari kita.

Ambil Langkah Pendek

8 dari 10 pelari akhir pekan biasanya akan mengambil langkah terlalu panjang, menurut Allan Hrelajac, Ph.D., profesor biomekanik di California State University. Ini membuat langkah kita memiliki efek berdebug dan mengerem. Untuk memperbaikinya, condongkan seluruh tubuh kita agak ke depan pada saat berlari. Kaki kita akan mendarat sedikit lebih dekat ke tubuh kita.

Lawan Gravitasi

Jangan terlalu lama mendarat di tanah. Saat berlari, begitu kaki kita menyentuh tanah upayakan untuk segera menariknya ke belakang.

Jangan Terlalu Lama Melayang di Udara

Bayangkan ada langit-langit yang tingginya hanya 6cm di atas kepala kita. Itu akan membuat langkah kaki lebih cepat dan efisien. Tujuan kita bukan melayang naik dan turun, tetapi melesat ke depan dengan cepat. Para pelari top dunia saat ini mengalokasikan 20 persen dari latihan mereka untuk berlari lebih cepat dari pada berlari lebih jauh.

Ini mengondisikan serat-serat otot cepat yang jarang sekali digunakan bila kita berlari lambat. Selain itu, berlari cepat juga memaksimalkan kapasitas aerobik (tingkat di mana otot kita menggunakan oksigen) dan meningkatkan efisiensi kekuatan langkah.

Latihan kecepatan juga membantu kita membakar lemak lebih banyak, karena latihan ini akan menggunakan lebih banyak energi. Dan berlari dalam kecepatan tinggi (sprint) sangat baik untuk memaksimalkan proses pembakaran lemak.

Tips Berlari

Berikut panduan berlari yang tepat bagi kita:
  • Pemanasan dengan jogging ringan selama 5-10 menit plus latihan peregangan.
  • Berlari dengan cepat sejauh 50 meter kemudian jogging 50 meter.
  • Ulangi 4-5 kali.
  • Lakukan pendinginan dengan jogging ringan 5-10 menit.
Cara ini memang membutuhkan kedisiplinan terutama bagi kita yang tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan jogging dalam durasi yang lama. Latihan ini hanya membutuhkan waktu maksimal 15 menit. Dan cukup kita lakukan 3-4 kali seminggu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.