Header Ads

Bentuk Latihan Untuk Mencegah Osteoporosis

Salam sobat Dunia Olahraga, Postingan kali ini, akan membahas mengenai Bentuk Latihan Untuk Mencegah Osteoporosis yang menggangu kesehatan tulang kita. Diantara penyakit tulang yang bisa menyerang tulang kita adalah osteoporosis. Pada dasarnya latihan fisik atau biasa kita sebut dengan olahraga tujuannya hanya sekedar untuk tindakan preventif (pencegahan) saja. Bagaimana sebetulnya aktifitas fisik yang benar-benar bisa membantu untuk mencegah terjadinya osteoporosis?.

Osteoporosis adalah keadaan tulang yang sudah rapuh akibat dari bertambahnya usia. Aktifitas fisik yang dilakukan sangatlah sederhana, tidak membutuhkan alat-alat yang khusus. Aktifitas seperti melompat, keseimbangan, fleksibilitas dll.

Aktifitas untuk mencegah Osteoporosis

1. Jumping (melompat)

Jumping adalah aktifitas fisik yang sangat sederhana yang membantu membangun tulang. Hanya beberapa menit melompat setiap hari dapat memiliki manfaat yang luar biasa. Ketika kita memiliki kekuatan lebih, kita bisa melompat lebih tinggi atau bahkan melompat dengan satu kaki. Gerakan yang bisa dipakai adalah single leg hop (melompat satu kaki) double leg hop (melompat dengan dua kaki. Kita bisa gabungkan seperti memakai alat skiping.

2. Keseimbangan

Latihan keseimbangan sangat penting untuk memperkuat tulang. Keseimbangan yang baik dapat membuat stabil dan tidak mudah jatuh yang bisa menyebabkan patah tulang. Lakukan latihan keseimbangan seperti Tai Chi, atau berdiri dengan satu kaki. Banyak sekali aktifitas keseimbangan yang bisa dilakukan oleh kita diantaranya, keseimbangan statis (hanya berdiri pada satu kaki dengan tidak adanya gerakan). Keseimbangan dinamis (keseimbangan yang dilakukan pada saat kita bergerak.

3. Latihan beban

Melakukan latihan beban di gym atau tempat fitness dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Hal ini disebabkan karena tulang kita akan dirangsang untuk meningkatkan kualitasnya, karena otot sebagai alat gerak aktif terus berkontraksi pada saat melakukan latihan beban. Secara otomatis ketika otot bekerja maka tulang akan menyesuaikan kepadatannya karena segaris lurus dengan perkembangan massa otot kita. Latihan resistensi seperti angkat beban adalah langkah baik untuk tulang dan kekuatan otot. Untuk latihan ini, Anda dapat menggunakan beban yang bisa dipegang atau terikat.

4. Calf raises

Aktifitas berikutnya mungkin dianggap paling sederhana dan kita tidak menyangka bisa mencegah terhadap osteoporosis, aktifitas tersebut disebut calf raises. Cara melakukannya adalah Letakkan kedua tangan di kursi belakang untuk menjaga keseimbangan. Sekarang, angkat tumit Anda (jinjit). Tahan posisi ini selama satu menit dan kemudian turunkan tumit secara perlahan

5.  Knee flexing

Gunakan kursi untuk menahan kedua tangan Anda. Tekuk satu lutut di kaki yang sama kemudian secara perlahan tarik ke belakang. Jaga kaki yang satu tetap lurus. Kemudian pelan-pelan kembali ke posisi semula dan lakukan bergantian pada kaki yang satunya. 


6. Hip ekstension 

Letakkan kedua tangan Anda di belakang kursi untuk menjaga keseimbangan. Agak membungkuk ke depan lalu perlahan angkat satu kaki ke belakang tapi tetap lurus. Angkat setinggi yang Anda bisa dan jaga keseimbangan. Tahan lalu turunkan kembali kaki Anda. Ulangi gerakan yang sama pada kaki satunya.

7. Hip fleksion

Berdiri di atas papan dengan satu kaki (gunakan kaki kiri). Angkat kaki kanan setinggi lutut kaki kiri. Tahan pinggul dengan tangan dan coba raih keseimbangan. Lakukan gerakan yang sama pada kaki lain.



8. Lateral leg lifts

Letakan kedua tangan di belakang kursi untuk menjaga keseimbangan yang lebih baik. Angkat satu kaki perlahan ke samping namun tetap menjaga lutut tetap lurus. Angkat setinggi yang Anda bias dan tahan sambil menjaga keseimbangan. Turunkan pelan-pelan dan ulangi gerakan ini dengan kaki yang lain.


Nah itulah beberapa aktifitas yang bisa mencegah osteoporosis pada tulang kita, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Terima kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.