Header Ads

Instrumen Tes Aspek Psikologis Penentu Prestasi Atlet

Instrumen Tes Aspek Psikologis Penentu Prestasi Atlet. Salam sobat pembaca dunia olahraga. Untuk mengambil data situasi psikologis atlet yang berhubungan dengan prestasinya maka dibuat Instrumen tes berupa kuesioner yang di dalamnya terdapat pernyataan terkait beberapa suasana psikologis yang berkaitan dengan aspek psikologis penentu prestasi atlet.

Dalam contoh kuesioner mengeni aspek psikologis penentu prestasi atlet terdapat 42 butir pernyataan dengan mengacu pada aspek yang sudah dijelaskan pada postingan Aspek Psikologis Atlet, Penentu Prestasi. Berikut ini adalah contoh kuesioner yang bisa digunakan untuk menilai aspek psikologis penentu prestasi atlet sebagai bahan untuk evaluasi bagi pelatih kepada atlet itu sendiri. Kuesioner ini juga bisa diterapkan pada bidang lain.

Instrumen Tes Aspek Psikologis Penentu Prestasi Atlet

Cabang Olahraga: Nama :
Tanggal : Status :

Petunjuk : Di bawah ini terdapat 42 butir pernyataan sehubungan dengan suasana kejiwaan yang dapat anda rasakan sendiri. Buatlah penilaian diri tentang suasana kejiwaan yang anda rasakan cukup dengan menceklis pada kolom di samping pernyataan. SS=Sangat Setuju, S=Setuju, KS=Kurang Setuju, TS=Tidak Setuju, STS=Sangat Tidak Setuju


No Pernyataan SS S KS TS STS
1 Saya dapat memotivasi diri saya sendiri dengan baik
2 Saya dapat berkonsentrasi dengan baik pada situasi kritis
3 Saya yakin bahwa saya seorang atlet yang baik
4 Saya sangat jarang marah selama kompetisi
5 Biasanya saya dapat membayangkan keberhasilan saya
6 Saya selalu menetapkan tujuan setiap kompetisi
7 Saya dapat memacu diri sendiri pada situasi kompetisi
8 Saya dapat berkonsentrasi kembali pada saat mendapat gangguan
9 Saya yakin akan kemampuan saya untuk berhasil keluar dari keadaan terjepit
10 Saya dapat mengendalikan perasaan manakala saya mengalami frustasi selama pertandingan
11 Saya seringkali membayangkan diri sendiri mencapai sasaran yang penting yang saya tetapkan
12 Strategi pertandingan saya sangat jelas dan sangat membantu penampilan saya
13 Keinginan saya untuk berhasil sangat kuat
14 Kemampuan konsentrasi saya sama baiknya dengan kemampuan berkonsentrasi atlet terbaik dalam olahraga yang saya geluti
15 Saya biasanya berharap untuk sukses
16 Pelatih menilai tinggi kemampuan saya mengendalikan emosi
17 Persiapan untuk kompetisi termasuk latihan mental
18 Saya biasanya memasukkan penetapan strategi dalam persiapan sebelum pertandingan
19 Sasaran saya jelas dan membantu untuk mengorganisir diri dengan baik
20 Saya dapat berkonsentrasi dengan baik dalam situasi-situasi penting
21 Kebanyakan orang melihat saya penuh percaya diri
22 Perasaan gugup jarang merugikan penampilan saya
23 Saya dapat dengan mudah membayangkan penampilan saya dalam olahraga yang saya tekuni
24 Saya selalu mengikuti kegiatan pra-pertandingan rutin
25 Pelatih merasa yakin bahwa saya selalu berlatih dengan baik
26 Saya biasanya dapat mengatasi gangguan pikiran yang merugikan
27 Saya selalu dapat berpikir positif selama pertandingan
28 Saya dapat pulih dengan cepat dari keadaan yang menegangkan
29 Saya suka membayangkan bagaimana strategi saya akan terlaksanan dalam pertandingan
30 Pelatih saya merasa yakin bahwa persiapan mental saya sangat bagus
31 Saya siap berkorban untuk mencapai prestasi puncak
32 Konsentrasi saya jarang terganggu oleh keadaan lawan
33 Saya senang tantangan untuk melepaskan diri dari kesulitan 
34 Saya tidak pernah menyerah terhadap segala sesuatu yang tidak sejalan dengan harapan saya
35 Latihan visualisasi dapat meningkatkan percaya diri dan konsentrasi saya
36 Penampilan saya sangat konsisten sebab saya mempersiapkannya dengan baik
37 Saya akan selalu latihan dengan ekstra keras jika saya pikir hal itu dibutuhkan
38 Pelatih menilai kemampuan konsentrasi saya di atas rata-rata
39 Saya mencoba untuk membangkitkan kepercayaan diri saya manakala mendapat kesempatan
40 Saya biasanya mampu berprestasi dalam situasi sulit atau situasi penting
41 Saya percaya bahwa keterampilan saya membayangkan penampilan berolahraga berkembang dengan baik
42 Saya senang untuk memiliki suatu perencanaan untuk menangani situasi-situasi yang sulit

Konversi ke Angka
SS = 5
S = 4
KS = 3
TS = 2
STS = 1
 
Karena semua pernyataan dalam contoh kuesioner tersebut adalah pernyataan positif maka penskoran tidak ada yang dibalikkan seperti SS = 5, kalau pernyataannya negatif maka SS = 1. Skala yang diambil adalah menggunakan skala likert.

Menafsirkan Hasil Kuesioner
Petunjuk : Untuk mengetahui hasil akhir, maka lihat kembali kuesioner yang sudah diisi oleh sampel atau responden tuliskan skor hasil konversi dari pengisian kuesioner sampel pada tabel di bawah ini. Contoh : Jika si A menjawab pada nomor 1 = SS maka dia mendapat skor 5, kemudian masukan pada kolom skor disesuaikan dengan nomor butir soal yang tertera pada tabel di bawah ini.

Motivasi Fokus Percaya Diri Pengendalian Visualisasi Persiapan
No Skor No Skor No Skor No Skor No Skor No Skor
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30
31 32 33 34 35 36
37 38 39 40 41 42
Jumlah Jumlah Jumlah Jumlah Jumlah Jumlah

Pengambilan dimensi motivasi, fokus, percaya diri, pengendalian, visualisasi dan persiapan didasarkan pada penjelasan mengenai aspek psikologis penentu prestasi yang bisa dilihat pada postingan saya yang berjudul Aspek Psikologis Atlet, Penentu Prestasi. 

Berikutnya adalah membuat grafik supaya mudah dipahami dalam penyajian pada saat evaluasi tiap atlet. Contoh grafiknya bisa sobat buka pada postingan saya yang berjudul Instrumen Tes Psikis (Kejiwaan) Mood atau Mental Set Atlet (Evaluasi Diri).

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Terima kasih

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.