Header Ads

Latihan Hiit Workout Sebagai Alternatif Latihan Fisik

Latihan Hiit Workout Sebagai Alternative Latihan Fisik. HIIT merupakan kepanjangan dari High intensity interval training, latihan hiit ini menggunakan intensitas tinggi dalam melakukan setiap gerkan. Latihan Hiit workout adalah latihan dengan menggunakan sistem interval istirahat antar sesi melakukan. Meskipun menggunakan intensitas tinggi dan cepat menimbulkan kelelahan, latihan hiit workout ini sangat menantang.

Latihan hiit workout menggunakan sistem interval yang artinya, setiap bentuk latihan selalu diselingi oleh istirahat, bisa berupa full istirahat atau menurunkan intensitasnya. Latihan hiit workout bisa juga dijadikan sebagai latihan kardio atau latihan kardio vaskuler.

Bentuk Latihan HIIT Workout

Latihan hiit workout memiliki bentuk dan jenis yang sangat banyak. Contoh sederhana dari latihan hiit workout ini adalaha lari sprint dengan jarak 40 meter dan dipertahankan selama beberapa waktu, biasanya antara 10 detik sampai 15 detik, bahkan ada yang sampai 30 detik. Tempat yang bisa dilakukan untuk menggunakan sprint sebagai latihan hiit workout bisa di medan lurus seperti jalan atau area menanjak seperti di pegunungan.
Latihan Hiit Workout Sebagai Alternatif Latihan Fisik
Lari sprint yang ada di dalam latihan hiit workout ini, dilakukan berulang-ulang dengan dipertahankan selama 10 detik atau 15 detik. Kemudian diselingi dengan sesi interval istirahat dengan rasio 1:2, yang artinya bahwa jika kita melakukan sprint 10 detik maka waktu untuk interval istirahatnya adalah 20 detik (2 kali lipat dari melakukan sprint).

Sebagai gambaran mengenai bentuk latihan hiit workout dari mulai pemanasan sampai ke pendinginan menggunakan aktivitas fisik berupa sprint yang dipertahankan selama 10 menit adalah sebagai berikut :
  1. Pemanasan
  2. Inti
    • => Sprint = 10 detik
    • => Istirahat = 20 detik
    • [Pertahankan selama 10 menit]
  3. Pendinginan
    • => Bisa menggunakan latihan meregangkan persendian, untuk menurunkan zat kelelahan yaitu asam laktat pada otot.
Dari berbagai macam jenis bentuk latihan hiit workout. Kita bisa memilih bentuk latihan yang sesuai dan bisa dilakukan oleh kita ketika waktu senggang atau ketika menjelang berangkat kerja, sehingga kita masih bisa berolahraga untuk menjaga kebugaran meskipun dalam kondisi yang sibuk dengan pekerjaan.

Latihan Hiit Workout Alternatif Latihan Fisik Bagi yang Sibuk Bekerja

Kita sudah merasakan mungkin, padatnya jadwal bekerja, membuat tubuh kita tidak bisa dipelihara kebugarannya melalui olahraga. Latihan hiit workout ini, bisa menjadi sebuah solusi, ketika kita hanya memiliki waktu yang sangat sedikit untuk menjaga kebugaran.

Ciri dari latihan hiit workout ini salah satunya adalah waktunya singkat, tapi hasilnya maksimal. Contoh misalkan kita hanya memiliki waktu 30 menit untuk kembali bekerja, kita masih bisa melakukan olahraga menggunakan 6 Menit HIIT Workouts. Kita bisa sesuaikan dengan waktu yang kita miliki, sehingga kebugaran kita tetap terjaga dan tidak menjadikan tubuh kita cepat lelah.

Efek dari cepat datangnya lelah bisa muncul karena tingkat kebugaran jasmani kita tidak pada level baik atau bagus untuk menjalankan kegiatan kita sehari-hari. Kebugaran jasmani yang bagus akan mendukung juga terhadap kinerja kita di tempat kerja, baik itu pekerja kantoran atau yang di lapangan.

Muncul mungkin pertanyaan, berapa kali kita berolahraga dalam 1 minggu?. dianjurkan untuk olahraga kesehatan sebanyak 3 kali dalam 1 minggu. Olahraga prestasi harus lebih dari itu.

Itulah artikel mengenai latihan hiit workout sebagai alternatif latihan fisik bagi yang sibuk dengan pekerjaannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.