Header Ads

10 Dampak Negatif Minum Air Kelapa Berlebihan Bagi Kesehatan

10 Dampak Negatif Minum Air Kelapa Berlebihan Bagi Kesehatan. Kelapa (cocos nucifera) adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga aren-arenan atau arecaceae. Tumbuhan ini sangatlah istimewa dimana hampir semua bagiannya dapat di manfaatkan, mulai dari batang hingga tulangnya. Bagi olahragawan kelapa sering dimanfaatkan airnya, dimana airnya mengandung isotonik yang baik bagi tubuh kita setelah berolahraga.

Kandungan Air Kelapa

1. Rata – rata nilai kalori yang terdapat dalam air kelapa adalahmemiliki 17 kalori per 100 gram
2. enzim yang mampu mengurangi racun, kelapa hjjau memiliki anti racun yang cukup banyak diantara kelapa yang lain
3. vitamin C
4. protein
5. lemak
6. hidrat arang
7. zat besi
8. kalsium, dan fosfat
9. glukosa
10. fruktosa
11. serta sukrosa
12. Dan airnya sekitar mengandung 95,5 gram per 100 gram.

Dilihat dari kandunganya kelapa memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia diantaranya sebagai daya tahan tubuh.
10 Dampak Negatif Minum Air Kelapa Berlebihan Bagi Kesehatan

10 Dampak Negatif Minum Air Kelapa Berlebihan bagi Kesehatan Tubuh

Disamping segudang manfaat tersebut ada kekurangannya atau berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya:

1. Diare
Air kelapa memiliki kadar lemak yang yang cukup rendah, tetepi selain itu air kelap dapat menyebabkan diare apabila di konsumsi secara berlebihan.

2. Bukan pengganti cairan tubuh yang mutlak
Air kelapa bukanlah pengganti cairan tubuh yang mutlak, memang air kelapa memiliki nutrisi yang banyak serta mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang, bukan berarti minum air kelapa sudah cukup untuk mengatasi kelelahan, tetapi anda juga harus mengisi tubuh anda dengan makanan dan minuman yang bergizi lainnya agar tubuh tidak kekurangan energi.

3. Berbahaya bagi penderita gangguan ginjal
Kelapa mengandung kalium dan elektrolit yang akan sulit disaring dengan benar oleh ginjal yang bermasalah sehingga dapat menyebabkan hyperklemia di dalam darah.

4. Kejang otot
Apabila anda sedang berperjalanan jauh janganlah minum air kelapa karena kandugan kalsium yang terdapat pada air kelapa dapat menimbulkan efek samping berupa kram otot.

5. Tidak membuat kita kebal terhadap penyakit
Air kelapa hanyalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi resiko terkena penyakit masih bisa terkena. Oleh karena itu, harus dibarengi dengan asupan yang bergizi dan dibarengi gaya hidup sehat.

6. Meningkatkan kadar gula
Air kelapa memang nikmat segar dan manis meskipun tanpa gula tambahan, tetapi janganlah terlena meskipun air kelapa tidak pakai gula tambahan karena air kelapa mengandung karbohidrat dan kalori. Apabila seseorang mengonsumsinya dengan berlebihan akan kelebihan gula dalam darah, sebaiknya jangan jadikan air kelapa sebagai minuman sehari-hari.

7. Menurunkan tekanan darah secara drastis
Bagi orang yang terkena tekanan darah tinggi mungkin bisa mencobanya, agar tekanan darahnya normal kembali, tetapi jangan setelah minum obat penurun tekanan darah.

8. Menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit
Air kelapa mengandung kalium yang tinggi sehingga masyarakat memilih air kelapa sebagai minuman sehat. Tetapi biladi konsumsi secara berlebihan akan menimbulkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

9. Membuat kita sering buang air kecil
Apabila kita mengonsumsi air kelapa berlebihan pasti kita akan mundar mandir ke toilet untuk buang air kecil, karena air kelapa memiliki sifat diuretik, dimana sifat diuretik ini membuat naiknya lajunya urinasi.

10. Jangan minum obat pake air kelapa!!
Saat minum obat baik itu pil, tablet, maupun kapsul, akan lebih mudah apabila dibantu dengan minum air. Minuman manis dapat mengurangi rasa pahit dari obat seperti air kelapa yang memiliki rasa manis dan segar, tetapi itu sangatlah tidak baik kerena kerja obat tersebut akan tidak berfungsi dengan efektif.

Itulah artikel mengenai 10 dampak negatif minum air kelapa berlebihan bagi kesehatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih. 


Incoming search terms:
  • kandungan air kelapa
  • dampak negatif minum air kelapa
  • dampak negatif air kelapa diminum berlebihan
  • efek negatif minum air kelapa berlebihan
  • dampak negatif minum air kelapa bagi kesehatan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.