Header Ads

Manfaat Luar Biasa Minum Air Kelapa dengan Konsumsi yang Tepat Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Minum Air Kelapa dengan Konsumsi yang Tepat Bagi Kesehatan. Kalian tau bahwasannya air kelapa bisa di jadikan pengganti ion cairan tubuh, mengapa? Karena Selama ini air kelapa dikenal dapat menggantikan cairan tubuh dan mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dan elektrolit yang mudah diserap tubuh dibanding minuman-minuman berenergi. Selain daripada itu, air kelapa juga mengandung lebih sedikit kalori dan natrium, serta lebih banyak potasium. Tiap sekitar 30 ml air kelapa terkandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 mg potasium dan 5,45 mg sodium.

Pada siang hari yang panas, tentu kita menginginkan air yang segar dan dingin yang dapat menyegarkan dahaga. Namun jangan minum minuman berenergi, gak ada salahnya kita mencoba minum air kelapa. Manfaat air kelapa diyakini dapat menyehatkan tubuh.

Air kelapa yang diperoleh adalah air kelapa muda, selain enak untuk di konsumsi air kelapa juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang atau air kelapa juga bisa menjadi alternatif dari air putih untuk menghidrasikan tubuh kembali.
Manfaat Luar Biasa Minum Air Kelapa dengan Konsumsi yang Tepat Bagi Kesehatan

Kira-kira berapa jumlah konsumsi air kelapa yang tepat?

Bagi orang Indonesia, mengonsumsi air kelapa merupakan hal biasa karena letak geografis Indonesia yang berada tepat pada garis katulistiwa yang nota bene wilayahnya beriklim tropis yang mana di wilayah tersebut tersebar luas pohon kelapa. Lalu berapa banyak sebaik nya kita mengonsumsi air kelapa?.

Sebaiknya mengonsumsi air kelapa sekitar satu gelas perhari. Meskipun air kelapa tergolong sehat dan alami, perlu diingat oleh kita adalah air kelapa tetap mengandung kalori, jika kita mengonsumsi air kelapa berlebihan atau lebih dari 235 ml per hari, maka kalori pada tubuh akan bertambah sekitar 40-60 kalori. Jika kemudian kita terus menerus mengonsumsi air kelapa berlebihan, maka dapat meningkatkan berat badan sekitar 2 kg tiap tahun.

Manfaat Minum Air Kelapa bagi Kesehatan dan Cara Hidrasi pada Saat Olahraga

Lillian cheung, Dsc, RD dari harvard school of public health menjelaskan air kelapa jadi salah satu pilihan minuman rendah gula terbaik dibandingkan soda atau jus buah kemasan. Namun cheung mengingatkan minum terlalu banyak air kelapa dalam satu hari juga tidak bagus mengingat kalori akan bertambah dengan cepat.

Hasilnya terbukti oleh para atlit untuk menambahkan stamina. Contohnya yang dikutip oleh ujar isner dalam Web MD (11/09/15). “ini (air kelapa) benar benar menghidrasi tubuh dengan baik. Saya bahkan tidak mengalami kram saat bertanding dalam cuaca paling panas dan lembab.”

“Minuman olahraga, air kelapa, ataupun air putih sebenarnya mampu menghidrasi tubuh. Hanya saja air kelapa mengandung karbohidrat yang dapat diserap tubuh lebih cepat. Ini diperlukan ketika seseorang berolahraga keras selama lebih dari 3 jam dalam cuaca panas”.

Selain untuk menggantikan cairan tubuh, air kelapa juga dapat membuat wajah awet muda. Karena dapat membuat kulit lebih halus dan lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Cairan tubuh merupakan bagian terpenting dari tubuh, dapat dikatakan kemampuan kita untuk bertahan hidup tergantung terhadap cairan tubuh yang terdapat dalam diri kita.

Cairan tubuh adalah air beserta unsur-unsur di dalamnya yang diperlukan untuk kesehatan sel. Cairan tubuh yang ada pada diri manusia dibawah umur 1 tahun terdapat 75 persen cairan tubuh dan cairan tubuh pada orang dewasa sekitar 60 persen, cairan tubuh juga dapat berfungsi banyak untuk ketahanan tubuh, karena ketika seseorang beraktivitas terutama di siang hari sangat membutuhkan asupan cairan tubuh.

Betapa pentingnya cairan tubuh, jadi kita harus bersyukur kepada karunia nikmat Allah SWT yang sudah diberikan kepada makhluknya terutama berupa cairan tubuh yang membuat mahluk hidup bisa beraktifitas dengan lancar.

Itulah artikel mengenai manfaat luar biasa minum air kelapa dengan konsumsi yang tepat bagi kesehatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Contributor:  Nurul Fadilah Fauzi [PJKR UNSIL 2017]

Incoming search terms:
  • manfaat minum air kelapa
  • manfaat luar biasa minum air kelapa
  • jumlah konsumsi air kelapa yang tepat
  • manfaat minum air kelapa bagi kesehatan
  • manfaat mengonsumsi air kelapa bagi kesehatan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.