Header Ads

Latihan Circuit Training Menggunakan HIIT Bodyweight Workout di Rumah

Latihan Circuit Training Menggunakan HIIT Bodyweight Workout. Circuit Training merupakan bentuk latihan yang bisa digunakan untuk meningkatkan berbagai macam komponen kondisi fisik dan bisa dilakukan di rumah kita masing-masing. Artikel fitness kali ini akan membahas latihan circuit training tersebut dengan menggunakan konsep HIIT Workout

Konsep Latihan Circuit Training Menggunakan HIIT Bodyweight Workout

Latihan circuit training, melibatkan beberapa pos latihan yang harus diselesaikan olahragawan. Mengacu pada konsep latihan circuit training, ada beberapa cara dalam melakukan latihan circuit training ini diantaranya adalah
1. melakukan secepat mungkin semua pos, 
2. diberikan waktu tiap posnya.

Yang cocok dengan metode latihan HIIT bodyweight workout adalah prinsip latihan circuit training nomor 2 yaitu diberikan waktu melakukan tiap posnya kemudian diselingi interval istirahat untuk melanjutkan ke pos berikutnya.

HIIT bodyweight workout merupakan jenis latihan cardio dan otot secara sekaligus dengan menggunakan intensitas tinggi yang diselingi oleh interval istirahat.

Dalam artikel fitness kali ini, latihan circuit training menggunakan 7 pos latihan dengan waktu melakukan latihan sebanyak 30 detik dan jeda istirahat antar posnya adalah 10 detik.

Latihan Circuit Training 7 Pos dengan Konsep HIIT Bodyweight Workout

1. Pos pertama, bentuk latihan circuit training yang dilakukan adalah latihan jumping jack. Latihan jumping jack ini dilakukan sebanyak mungkin dalam waktu 30 detik. Gerakannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Latihan Circuit Training Menggunakan HIIT Bodyweight Workout - jumping jacks
Latihan jumping jack ini ditujukan untuk melatih kardio (jantung) dan bisa digunakan sebagai latihan pembakar lemak. Setelah melakukan jumping jack, kemudian kita bergerak ke pos berikutnya dengan durasi istirahat sebanyak 10 detik.

2. Pos kedua, latihan circuit training yang kedua adalah latihan mountain climbers. Sama dengan pos pertama, gerakan ini dilakukan sebanyak mungkin dengan durasi waktu selama 30 detik. Gerakannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Latihan Circuit Training Menggunakan HIIT Bodyweight Workout di Rumah - climbers
Latihan mountain climbers ini bermanfaat untuk melatih daya tahan kardio. Latihan mountain climbers biasa disebut juga sebagai latihan kardio yang efektif juga dalam membakar lemak dan meningkatkan kualitas fitnes (kebugaran). Setelah melakukan mountain climbers selama 30 detik kemudian kita bergerak kembali menuju pos berikutnya sambil melakukan istirahat selama 10 detik.

3. Pos ketiga, menu latihan circuit training yang ketiga adalah latihan jack squat. Waktu melakukan latihan jack squat ini selama 30 detik. Gerakannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Latihan Circuit Training Menggunakan HIIT Bodyweight Workout di Rumah - jack squat
Latihan jack squat bisa juga digunakan sebagai latihan kardio ditambah juga melatih otot dan sendi pada bagian tubuh bawah. Setelah melakukan latihan jack squat ini selama 30 detik, kemudian kita istirahat 10 detik sambil bergerak menuju pos berikutnya.

4. Pos keempat, bentuk latihan circuit training pada pos keempat ini adalah latihan plank. Lakukan latihan plank pada pos keempat selama 30 detik. Gambar gerakannya bisa dilihat di bawah ini.
Latihan Circuit Training Menggunakan HIIT Bodyweight Workout di Rumah - plank
Latihan plank ini ditujukan untuk melatih daya tahan otot perut (muscle endurance) dengan menggunakan kontraksi isometrik (tidak ada pemanjangan dan pemendekan otot). Latihan plank ini juga melatih otot inti (core muscle).

5. Pos kelima, latihan circuit training pada pos kelima adalah latihan side to side jump. Durasi melakukan latihan ini selama 30 detik. Gambar gerakannya bisa dilihat di bawah ini.
Latihan Circuit Training Menggunakan HIIT Bodyweight Workout di Rumah - side to side jump
Latihan side to side jump ini ditujukan untuk melatih kardio kita dan bisa membakar lemak lebih cepat.  Setelah melakukan latihan ini kemudian istirahat 10 detik sambil bergerak ke pos berikutnya.

6. Pos keenam, latihan circuit training pada pos keenam ini adalah latihan plank pikes. Lakukan latihan ini selama 30 detik. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Latihan Circuit Training Menggunakan HIIT Bodyweight Workout di Rumah - plank pikes
Latihan plank pikes ini ditujukan untuk melatih otot inti (core muscle). Baik itu otot perut maupun otot punggung bagian bawah. Setelah melakukan latihan plank pikes, lakukan istirahat selama 10 detik sambil bergerak ke pos terakhir.

7. Pos ketujuh, latihan circuit training pada pos ketujuh ini, yang merupakan pos terakhir adalah melakukan gerakan lari sprint selama 30 detik tanpa henti dengan jarak yang bisa kita atur yaitu sepanjang 10 meter sehingga kita bisa melakukan lari sprint bulak balik.
Latihan Circuit Training Menggunakan HIIT Bodyweight Workout di Rumah - sprint
Latihan sprint ini ditujukan untuk melatih kapasitas anaerobik alaktik (tanpa asam laktat) dan laktik (dengan asam laktat).

Latihan circuit training menggunakan HIIT workout ini, akan meningkatkan EPOC (excess post-exercise oxygen consumption) selama 38 jam yang dapat membantu kita dalam membakar lemak lebih cepat.

Itulah artikel mengenai latihan circuit training menggunakan HIIT bodyweight workout di rumah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Incoming search terms:
  • latihan circuit training
  • latihan circuit training membakar lemak
  • latihan hiit workout
  • latihan hiit workout pembakar lemak
  • membakar lemak lebih cepat
  • membakar lemak dengan latihan hiit workout
  • membakar lemak dengan latihan circuit training

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.