Header Ads

10 Latihan HIIT Exercise Membakar Lemak 38 Jam Setelahnya dengan Afterburn Efek

10 Latihan HIIT Exercise Membakar Lemak 38 Jam Setelahnya. Latihan HIIT Exercise sudah menjadi pilihan latihan untuk membakar lemak dengan cepat dan singkat. Banyak para penggiat olahraga sekarang sudah cenderung melakukan latihan HIIT exercise ini, dikarenakan latihannya bisa dilakukan di rumah tanpa harus ke tempat fitnes. Latihan HIIT exercise merupakan latihan kardio atau biasa disebut dengan latihan aerobik sub-maksimal yang memicu denyut jantung lebih cepat.

Latihan untuk membakar lemak lebih cepat bisa menggunakan HIIT exercise yang merupakan gabungan dari dua jenis bentuk olahraga yaitu aerobik dan anaerobik. Dengan penggabungan dua bentuk latihan ini maka tubuh kita akan dibentuk ototnya dan dibakar juga lemaknya.

Konsep membakar lemak memang diharuskan menggerakan seluruh anggota tubuh kita supaya jumlah persentase kadar lemak tubuh menurun.

Latihan HIIT exercise ini sudah didukung oleh beberapa penelitian dari para pakar olahraga, salah satunya adalah penelitian martin gibala yang memfokuskan diri pada penelitian mengenai latihan intensitas tinggi yaitu HIIT (high intensity interval training.

Konsep latihan HIIT exercise adalah melakukan latihan intensitas tinggi dengan diselingi interval waktu istirahat diantara gerakan latihannya. Tudor Bompa juga mengungkapkan mengenai bentuk latihan interval dengan rasio latihan interval 1:2 dan 1:3.

Latihan HIIT exercise ini bisa membakar lemak 38 jam setelahnya, dengan meningkatkan hormon pertumbuhan (growth hormon) yang meningkat selama melakukan latihan intensitas tinggi. Selain itu latihan intensitas tinggi akan meningkatkan Afterburn Efek atau bisa disebut dengan EPOC (Exces Post-exercise Oxygen Consumption). Epoc atau afterburn efek adalah meningkatknya konsumsi oksigen setelah melakukan latihan intensitas tinggi.

Kaitan peningkatan EPOC dengan pembakaran lemak adalah EPOC akan berusaha mengembalikan tubuh kita ke kondisi awal sebelum melakukan latihan intensitas tinggi (HIIT). Ketika proses pengembalian tubuh pada kondisi awal, maka terjadi berbagai macam peristiwa fisiologis dalam tubuh diantaranya adalah menyeimbangkan hormon, recovery sel, dan mengembalikan tenaga. Pada peristiwa fisiologis tersebut tubuh kita akan mulai menggunakan cadangan energi berupa lemak untuk dijadikan tenaga dalam mengontrol peristiwa fisiologis pada tubuh.

Kondisi awal sebelum melakukan latihan HIIT exercise akan berbeda dengan kondisi awal setelah melakukan latihan HIIT. Karena tubuh kita sudah mulai merespon pada beban latihan HIIT dan kemudian bisa menjadi adaptasi.

10 Latihan HIIT Exercise Pembakar Lemak

Bentuk latihan HIIT exercise ini terdiri dari 10 jenis latihan yang bisa kita lakukan di rumah. Rata-rata waktu melakukan tiap gerakan latihannya adalah 30 detik dengan waktu istirahat sekitar 15 detik.
1. Breakdance Move
Waktu melakukan: 30 detik
Istirahat: 15 detik

2. Jack Squat
Waktu melakukan: 30 detik
Istirahat: 15 detik

3. Plank Pikes
Waktu melakukan: 30 detik
Istirahat: 15 detik

4. Standing Birth Dog
Waktu melakukan: 30 detik (setiap sisinya)
Istirahat: 15 detik

5. Plank
Waktu melakukan: 30 detik
Istirahat: 15 detik

6. Jumping Jack
Waktu melakukan: 30 detik
Istirahat: 15 detik

7. Criss Cross
Waktu melakukan: 30 detik
Istirahat: 15 detik

8. Crunch
Waktu melakukan: 30 detik
Istirahat: 15 detik

9. Side to Side Jump
Waktu melakukan: 30 detik
Istirahat: 15 detik

10. Mountain Climbers
Waktu melakukan: 30 detik
Istirahat: 15 detik

10 Latihan HIIT exercise ini merupakan sebuah rangkaian gerakan latihan yang bisa dilakukan di rumah kita masing-masing. Dianjurkan untuk melakukan latihan ini sehari sekali dengan frekuensi melakukan 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.

Itulah artikel mengenai Latihan HIIT membakar lemak 38 jam setelahnya dengan afterburn efek. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Incoming search terms:
  • latihan HIIT
  • HIIT exercise
  • latihan intensitas tinggi
  • latihan membakar lemak
  • membakar lemak dengan cepat dan singkat
  • latihan hiit membakar lemak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.