Header Ads

Gerakan Latihan HIIT Kardio Workout untuk Membakar Lemak di Rumah

Gerakan Latihan HIIT Kardio Workout untuk Membakar Lemak di Rumah. Artikel fitnes kali ini akan membahas mengenai bentuk latihan HIIT kardio workout yang terangkum dalam 10 Menit HIIT Cardio Workout yang bertujuan untuk membakar lemak dengan cepat di rumah tanpa ke gym atau pusat kebugaran. Latihan membakar lemak biasanya selalu identik dilakukan di tempat fitnes atau gym. Sekarang ada beberapa latihan yang menggunakan beban dari berat tubuh kita sendiri atau biasa disebut bodyweight workout yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah.

Membakar lemak dengan cepat menggunakan Latihan HIIT kardio workout

Latihan membakar lemak menggunakan latihan kardio workout merupakan jenis latihan yang sedang ramai diperbincangkan dan dilakukan oleh kalangan masyarakat penggiat fitnes. Jika dahulu yang kita ketahui untuk membakar lemak adalah latihan kardio dengan prinsip steady state yaitu menggunakan intensitas rendah dan durasi waktu lama. Maka saat ini sudah ada bentuk latihan singkat yang dapat membakar lemak lebih cepat di rumah.

Latihan HIIT merupakan singkatan dari High Intensity Interval Training yang merupakan metode latihan kardio menggunakan intensitas tinggi dan diselingi oleh waktu istirahat pendek. Pembakaran lemak setelah melakukan latihan HIIT kardio ini bisa selama 38 jam setelahnya, dengan mengambil manfaat dari afterburn effect atau disebut EPOC (Excess Post-exercise Oxygen Consumption) yang muncul setelah melakukan latihan dengan intensitas tinggi.
70 Gerakan Latihan HIIT Kardio Workout untuk Membakar Lemak di Rumah
Ciri latihan dengan intensitas tinggi adalah cepat timbulnya kelelahan. Oleh karena itu, durasi melakukan latihannya sangat singkat (biasanya 30 detik) dan diselingi waktu istirahat selama 10 detik atau 15 detik.

Durasi waktu melakukan latihan HIIT memang bervariasi, ada yang melakukan gerakan selama 1 menit kemudian istirahat 2-3 menit sehingga rasio interval latihan dengan istirahatnya 1:3, hal tersebut jika mengambil latihan anaerobik (non-kardio) interval 1:3.

Setelah mengetahui konsep metode latihan HIIT kardio workout, maka kita akan bertanya mengenai bagaimana bentuk gerakan latihan HIIT kardio ini.

Sebetulnya ada banyak sekali bentuk gerakan latihan HIIT kardio, diantaranya adalah 10 Minutes HIIT Cardio Workout yang bisa ditiru dan dilakukan di rumah oleh para pembaca. Seperti pada video berikut ini.
Untuk melihat video lainnya mengenai latihan membakar lemak bisa mengunjungi channel youtube ical1234567

Dari video HIIT workout tersebut, kita bisa pilih bentuk latihan mana yang akan kita susun sebagai latihan membakar lemak yang ingin kita lakukan.

Bagi pemula dalam melakukan latihan HIIT, coba terlebih dahulu pilih 5 gerakan dari video tersebut dengan satu gerakan dilakukan selama 30 detik dan waktu istirahat 1 menit. Artinya bahwa interval latihannya memiliki rasio 1:2. Lakukan latihan HIIT ini sebanyak 3 kali dalam satu minggu dengan diselingi oleh waktu istirahat 1 hari antara hari latihan.

Usahakan kita ketahui terlebih dahulu mengetahui denyut nadi maksimal (DNM) kita menggunakan rumus 220-usia anda. Setelah mengetahui denyut nadi maksimal (DNM) maka kita bisa atur intensitasnya menggunakan denyut nadi.

Contoh mengetahui intensitas dari denyut nadi, mengacu pada pendapat Prof. Santosa Giriwijoyo yang mengungkapkan bahwa intensitas olahraga untuk kebugaran dan kesehatan adalah 60-85% dari denyut nadi maksimal. Maka kita bisa hitung rentang zona latihan denyut nadi kita adalah 60% x DNM dan 85% x DNM. Sehingga kita bisa mempertahankan denyut jantung berada pada rentang tersebut.

Itulah artikel mengenai Gerakan Latihan HIIT Kardio Workout untuk Membakar Lemak di Rumah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Incoming search terms:
  • latihan HIIT
  • latihan HIIT kardio workout
  • latihan kardio HIIT
  • latihan HIIT workout
  • latihan membakar lemak
  • membakar lemak di rumah
  • latihan membakar lemak tanpa ke gym

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.