Header Ads

20 Menit Latihan HIIT Membakar Lemak di Rumah dengan Cepat

20 Menit Latihan HIIT Membakar Lemak di Rumah dengan Cepat. Artikel fitnes kali ini akan membahas mengenai latihan membakar lemak yang bisa dilakukan di rumah dengan durasi waktu yang tidak terlalu lama. Kebanyakan dari kita mungkin menganggap bahwa latihan membakar lemak membutuhkan ruang latihan khusus yang tidak mungkin kita kunjungi karena kesibukan kita. Ternyata ada beberapa bentuk latihan membakar lemak yang bisa dilakukan di rumah dengan durasi waktu hanya 20 menit saja.

Latihan dengan Menggunakan Energi Lemak Tubuh

Konsep latihan menggunakan lemak tubuh sebagai energi adalah melakukan aktivitas fisik olahraga sampai ke zona latihan aerobik. Biasanya latihan fitnes di zona aerobik di atas 10 menit yang memang penyediaan energinya berasal dari lemak tubuh.

Sekarang ada bentuk latihan HIIT (high intensity interval training) yaitu latihan kardio dengan intensitas tinggi yang diselingi istirahat dengan durasi di bawah 10 menit. Tetap saja untuk penggunaan energi dari lemak tubuh harus sampai di zona latihan aerobik yaitu di atas 10 menit. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan lemak sebagai energi dan juga mendapatkan manfaat dari latihan HIIT yaitu efek afterburn (EPOC = Exess Post-exercise Oxygen Consumption) yang membakar lemak juga setelah melakukan latihan ini selama 38 jam.

Oleh karena itu, dengan menggunakan 20 menit latihan membakar lemak di rumah dengan cepat bisa kita praktekkan menjelang kerja atau setelah beres melakuka pekerjaan.

Jangan lupa juga untuk menjaga tingkat asupan gizi kita supaya bisa maksimal dalam proses pembakaran lemak. Jangan sampai output kita jauh lebih banyak dibandingkan dengan input makanan.
20 Menit Latihan HIIT Membakar Lemak di Rumah dengan Cepat

20 Menit Latihan Membakar Lemak di Rumah

Berikut ini beberapa bentuk latihan membakar lemak yang terangkum dalam 20 menit waktu yang bisa dilakukan di rumah.

Bentuk latihan ini terdiri dari 9 latihan pembakar lemak dengan jumlah pengulangan sebanyak 4 pengulangan.
1. High Knee (20 detik), istirahat 10 detik.
2. Burpees (20 detik), istirahat 10 detik.
3. Push-up (20 detik), istirahat 10 detik.
4. Jump-squat (20 detik), istirahat 10 detik.
5. Pulse-squat (20 detik), istirahat 10 detik.
6. Mountain climbers (20 detik), istirahat 10 detik.
7. Groiners (20 detik), istirahat 10 detik.
8. Jumping jacks (20 detik), istirahat 10 detik.
9. Tricep Dips (20 detik), istirahat 10 detik.

Satu pengulangan terdiri dari 9 gerakan yang sudah disebutkan. Kemudian kita berlanjut ke pengulangan kedua dengan jeda istirahat sebanyak 30 detik. Terus lakukan sampai ke pengulangan keempat. Jika kita baru pertama kali melakukan, maka boleh sampai ke pengulangan kedua saja yang penting disesuaikan terlebih dahulu dengan kemampuan tubuh kita.

Lakukan 20 menit latihan HIIT membakar lemak ini minimal 3 kali dalam seminggu dengan diselingi jeda satu hari untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan membakar lemak tentunya. Adanya jeda satu hari, ditujukan untuk memberikan waktu pada tubuh supaya bisa melakukan recovery (pemulihan). Sehingga tubuh kita tidak mengalami overtraining.

Itulah artikel mengenai 20 menit latihan HIIT membakar lemak di rumah dengan cepat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Incoming search terms:
  • 20 menit latihan hiit
  • latihan hiit membakar lemak
  • latihan membakar lemak di rumah
  • latihan membakar lemak dengan cepat
  • latihan membakar lemak dengan cepat di rumah
  • membakar lemak di rumah
  • latihan membakar lemak tanpa ke gym

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.