Header Ads

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori. Memiliki tubuh langsing merupakan sebuah idaman bagi setiap orang, terutama bagi wanita. Berusaha memiliki tubuh langsing bagi wanita menjadi daya tarik tersendiri dalam meningkatkan penampilan dan percaya dirinya. Cara sehat untuk membentuk tubuh langsing adalah dengan membakar kalori yang ada di dalam tubuh menjadi energi gerak untuk berolahraga. Olahraga atau latihan yang bisa dilakukan pada saat ini adalah 16 menit latihan HIIT yang sedang populer.

Apa sih Latihan HIIT itu?

Pertanyaan tersebut mungkin akan muncul dalam benak pembaca dunia olahraga. Banyak dikalangan penggiat olahraga pada saat ini melakukan latihan HIIT sebagai cara cepat membakar lemak. Bahkan tempat fitness atau gym di kota besar, banyak yang mengadakan program latihan membakar lemak dengan cepat menggunakan latihan HIIT.

HIIT merupakan singkatan dari High Intensity Interval Training. Pengertian Latihan HIIT adalah jenis latihan kardio intensitas tinggi dengan menggunakan sistem interval dalam melakukan latihannya. Sistem interval adalah metode latihan yang diselingi istirahat diantara pengulangan gerakannya.

Ciri khas dari latihan HIIT ini adalah waktu pelaksanaan latihan yang singkat dengan kerja latihan yang maksimal sehingga cepat menimbulkan kelelahan. Biasanya durasi melakukan latihan HIIT adalah 30 detik, kemudian diselingi oleh waktu istirahat yang lebih pendek dari wakut melakukan latihan misalkan 15 detik.

Selain efektif dalam mempercepat pembakaran lemak dalam jangka waktu lama setelah melakukan latihan. Latihan HIIT ini memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kebugaran, membakar kalori dengan cepat, dan cepat membentuk tubuh langsing.

16 Menit Latihan Kardio HIIT di Rumah

Latihan 16 menit sudah bisa dikatakan sebagai latihan kardio atau biasa disebut dengan latihan aerobik. Karena sudah memenuhi batas minimal latihan kardio yaitu 10 menit.

Berikut ini adalah bentuk latihan kardio HIIT yang bisa dilakukan di rumah tanpa menggunakan peralatan khusus atau beban luar tubuh.

1. Power jack
16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - power jack
Gerakan power jack dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu high plank jacks.

2. High Plank Jacks
16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - high plank jacks
Gerakan high plank jacks dilakukan selama 20 detik secara terus menerus,  sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan berikutnya yaitu jumping lunges.

3. Jumping Lunges
16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - jumping lunges
Sama juga dengan gerakan sebelumnya. Gerakan jumping lunges dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu mountain climbers.

4.  Mountain Climbers
16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - mountain climbers
Gerakan mountain climbers dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu burpees.

5. Burpees
16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori -  burpees
Gerakan burpees dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu ski abs.

6. Ski Abs
16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - si abs
Gerakan ski abs dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu jumping jacks.

7. Jumping Jacks
16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - jumping jacks
Gerakan jumping jacks dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 10 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu plank.

8. Plank
16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - plank
Gerakan plank dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 10 detik kemudian lakukan pendinginan. Karena latihan plank ini merupakan gerakan terakhir dari 16 menit latihan kardio HIIT membentuk tubuh langsing dan membakar kalori.

Total gerakan dalam 16 menit latihan kardio HIIT membentuk tubuh langsing dan membakar kalori adalah 8 gerakan. 1 gerakan dilakukan sebanyak 4 pengulangan, dengan 1 pengulangan selama 20 detik.

Lakukan latihan membentuk tubuh langsing dan membakar kalori ini sebanyak 3 kali seminggu, dengan diberikan jeda istirahat satu hari antara hari latihannya.

Itulah artikel mengenai 16 menit latihan kardio HIIT membentuk tubuh langsing dan membakar kalori. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Incoming search terms:
  • latihan kardio
  • latihan HIIT
  • HIIT exercises
  • cara membentuk tubuh langsing
  • cara membakar kalori
  • latihan membakar kalori
  • latihan HIIT membakar kalori

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.