Header Ads

Sirkuit Training Untuk Pemain Sepak Bola Dengan Metode HIIT (High Intensity Interval Training)

Salam Sobat Dunia Olahraga, Postingan kali ini akan membahas mengenai sirkuit training dengan metode HIIT (High Intensity Interval Training). Mengenai HIIT sudah dijelaskan di postingan Mempercepat pembakaran kalori dengan HIIT, berikutnya adalah penerapan metode HIIT di dalam sepak bola.

Sirkuit training adalah latihan yang dilakukan dengan melibatkan beberapa bentuk gerakan fisik atau biasa disebut juga pos-pos latihan dengan tujuan meningkatkan dan menjaga komponen kebugaran jasmani pemain. Latihan ini diberikan ketika mendekati jadwal pertandingan, bisa diberikan sebulan sebelum pertandingan berlangsung.

Biasanya sirkuit training selalu dijadikan menu latihan fisik bagi para pemain oleh pelatih jika waktu persiapan yang begitu mepet. Karena dalam sirkuit training pelatih bisa memasukan beberapa bentuk latihan yang bisa meningkatkan komponen kebugaran jasmani yang dominan pada cabang olahraga sepak bola, seperti kecepatan, kelincahan, daya ledak otot, daya tahan dan stamina. Akan tetapi, dalam pelaksanaan sirkuit training tidak boleh antar pos yang berdekatan melatih otot yang sama.
sirkuit training sepak bola 
Sesuai judul postingan kali ini, yaitu ada unsur HIIT nya. Maka sirkuit training ini dilakukan dalam intensitas tinggi dengan diselingi waktu istirahat antar pengulangan dengan tujuan untuk meningkatkan stamina pemain sepak bola. Sebetulnya melakukan sirkuit training terdiri dari 2 macam cara yaitu: 

1. Initial Target Time

Cara yang pertama ini adalah menyelesaikan semua pos dalam sirkuit training secepat mungkin, sehingga biasanya dalam melakukan gerakan pada setiap pos tidak ditentukan berapa waktu per posnya melainkan berapa kali pengulangan gerakan dalam satu pos tersebut. Karena cara ini mengharuskan pemain menyelesaikan satu pengulangan secepat mungkin, maka harus bergerak cepat dari satu pos ke pos berikutnya.

2. Initial Trial Time

Cara yang kedua adalah menyelesaikan semua pos dalam sirkuit training dengan setiap pos diberikan batas waktu untuk melakukannya, sehingga pemain diharuskan melakukan pengulangan gerakan sebanyak mungkin di satu pos dengan batas waktu tertentu.

Dari dua cara di atas, yang paling banyak dipakai biasanya cara pertama yaitu Initial Target Time (menyelesaikan semua pos secepat mungkin). Di bawah ini akan diberikan contoh mengenai sirkuit training dengan metode HIIT, cara sirkuit trainingnya mengambil cara nomor pertama yaitu initial target time.

Sirkuit Training

1. Zig Zag Run 1 Kali
Zig Zag Run

2. Split Jump 10 Kali
Split Jump
3. Forward and Backward 6 Cone
Up and Return 6 Kun
 4. Triangle Direction And Double Leg Hop Twice
Triangle Direction And Double Leg Hop Twice
 5. Icky Shuffle
Skip
  6. Walk and Run
Speed Aselerasi-Deselerasi
  
Semuanya terdiri dari 6 pos, dari satu pos ke pos yang lain harus cepat karena kita pakai cara sirkuit training nomor 1. Sirkuit training ini saya terapkan di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepak bola Universitas Siliwangi ditambah dengan latihan HIIT yang lainnya seperti yang sudah di postingkan di web ini. Alhamdulillah para pemain ada peningkatan dari segi stamina dan VO2Max nya hanya dengan waktu 1,5 bulan.

Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian, terima kasih telah berkenan silaturahmi ke web saya, jangan lupa di lihat lagi artikel-artikel lainnya di web ini.
wassalam.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.