Header Ads

Melatih Kelincahan di Pasir Pantai

Kelincahan kaki merupakan salah satu unsur kebugaran yang harus dimiliki  oleh seorang atlit bahkan seorang yang bukan atlet untuk menunjang kegiatan sehari hari. Banyak cara melatih untuk mendapakan kelincahan ini, dalam cabang olahraga basket, sepakbola, futsal sangat perlu untuk mendapatkan kaki yang lincah.

Kelincahan adalah kemampuan untuk merubah arah dengan cepat dan tepat dan pada saat bergerak masih dalam keadaan seimbang. Dalam kelincahan ada beberapa faktor yang berpengaruh besar untuk mendapatkan kelincahan kaki diantaranya adalah :
1. Kelentukan
2. Keseimbangan
3. Koordinasi
Namun banyak latihan yang melakukanya secara terpisah sehingga hasil kurang maksimal, saya akan share bagaimana cara melatih kelentukan dengan mencakup langsung beberapa faktor tersebut dan mungkin ditambah kekuatan kaki.
Melatih Kelincahan di Pasir Pantai

Cara Melatih Kelincahan di Pasir Pantai

Berlatih dengan menggunakan media pasir pantai banyak digunakan untuk mendapatkan kelincahan kaki secara cepat  jika dilakukan dengan maksimal, karena kerja kaki akan dua kali lebih berat sehinggan hasil akan lebih cepat didapat. Cari tempat yang berpasir pantai yang berstruktur pasir.
Cara Latihan :
  1. Lakukan pemanasan dinamis dan statis secara benar karena proses pemanasan ini akan mendapatkan anda pada kelentukan. Lakukan cium lutut dan banyak variasi gerakan lainya guna mendapatkan kelentukan saat pemanasan ini. Lakukanlah banyak pemanasan pada kaki dan punggung anda.
  2. Lakukan pemanasan kaki anda dengan jogging selama 15 menit dalam pasir.
  3. Setelah jogging lakukan jalan biasa di tempat biasa bukan pasir jalan biasa selama 3 menit, disini sudah mulai sedikit terasa perbedaanya.
  4. Lakukan latihan kelincahan seperti biasa sperti lari zig zag untuk pertama kali. Lari zig-zag lakukan secara maksimal walau didalam pasir akan terasa berat, usahakan rubah arah secara cepat.
  5. Lakukan gerakan kombinasi dengan beberapa kombinasi seperti latihan kelincahan kaki pada umumnya.
  6. Setelah Zig-Zag lakukan latihan shutle run seperti biasa didalam pasir.
  7. Terakhir latihan lari dengan 6 titik dan 1 titik tengah, buat 6 titik dengan jarak masing masing 3 meter, lari dimulai dari titik tenggah dan menunju kesamping kembali lagi ke titik tengah dan usahakan gerakan kakai untuk merubah arah secara cepat dan paksan karena ini akan terasa berat. Laukunan dengan beberapa variasi contohnya dengan seperti pertama namun ketika kembali lakukan dengan back pedall secara cepat, yang ketiga lakukan berlari secara melingkar di titik 6 yang telah dibuat lakukan sprint secara maksimal, karena berlari melingkar membutuhkan kelincahan kaki yang kuat.
  8. Jogging untuk pendinginan 10 menit dan jalan seperti biasa di tempat biasa.
  9. Lakukan pendinginan secara benar untuk proses terahir ini yang lakukan secara benar karena dalam recovery anda akan berjalan baik jika dalam proses pendinginan dan peregangan berjalan baik.
Demikianlah Proses latihanya dan latihan ini tidak hanya memperoleh hasil kelincahan kaki namun dapat memperoleh kekuatan kaki juga.anda akan mendapatkan hasil secara maksimal jika anda nelakukan secara  dengan maksimal lakukan program ini jauh-jauh hari jika anda berlatih untuk kompetisi atau suatu pertandingan, buat program latihan dengan memperhatikan prinsip frekuensi, intensitas, tipe dan waktu dengan menentukan DNM (denyut nadi maksimal) anda  Semoga bermanfaat.

Penulis : Moch. Rizqi Fauzi Abdulah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.