Header Ads

Memaksimalkan HIIT Workouts Keluar dari Zona Nyaman (Berdasar pada Sejumlah Penelitian Terbaru)

Memaksimalkan HIIT Workouts dengan Keluar Dari Zona Nyaman. Para ahli mengatakan, semakin berat latihan High Intensity Interval Training (HIIT) yang kita lakukan maka manfaatnya akan semakin besar.

HIIT dapat membakar kalori lebih banyak, membentuk otot lebih bagus, dan meningkatkan daya tahan dengan hanya latihan 20 menit tiap hari.

“Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita harus berlatih sampai membuat diri kita tidak nyaman,” kata Sean Bartram penulis buku “High Intensity Interval Training for Women” seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (06/02).

The American College of Sports Medicine memperkirakan bahwa latihan HIIT akan menjadi trend fitnes tahun ini dan tahun berikutnya. Studi yang dipresentasikan pada Annual Meeting of the American College of Sports Medicine tahun 2007 melaporkan, seseorang yang melakukan HIIT berhasil membakar hampir 10 persen kalori selama 24 jam setelah latihan.
Memaksimalkan HIIT Workouts Maka Banyak Manfaat Bagi Tubuh (Berdasar pada Sejumlah Penelitian Terbaru)
“Aktivitas fisik yang dapat dilakukan pada latihan HIIT ini adalah sprint selama 30 detik lalu ganti berjalan selama 30 detik. Atau dengan latihan bodyweight seperti push up selama 30 detik dengan waktu istirahat selama 10 detik,” tambah Bartram.

Sementara itu, profesor peneliti latihan dari Auburn University di Montgomery, Alabama, Dr. Michele Olson mengatakan bahwa bukan HIIT namanya jika belum mendekati 90 persen dari denyut jantung maksimum.

Banyak orang berpikir bahwa mereka terlibat dalam HIIT tapi mereka hanya melakukan latihan interval biasa, dengan intensitas sekitar 75 sampai 85 persen dari denyut jantung maksimum.

Menurut American Heart Association, detak jantung maksimum adalah 220 dikurangi usia. Dr Olson mengatakan bahwa jika dilakukan dengan tepat, HIIT efektif mengurangi lemak di perut dan mengontrol kolesterol serta insulin.

Meski demikian, bagi orang dengan riwayat tekanan darah yang tinggi atau sedang dalam proses pengobatan sistem kardiovaskulernya, sebaiknya melakukan HIIT tidak terlalu maksimal.

Itulah artikel mengenai Memaksimalkan HIIT Workouts Maka Banyak Manfaat Bagi Tubuh. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.