Header Ads

Pengertian HIIT High Intensity Interval Training atau Biasa disebut Latihan Interval Intensitas Tinggi

Pengertian HIIT High Intensity Interval Training atau Latihan Interval Intensitas Tinggi. HIIT High Intensity Interval Training adalah program latihan yang dirancang dengan sifat menantang, dengan format bentuk latihan diselingi waktu interval istirahat sifat aktivitasnya adalah aerobik dengan intensitas tinggi ke intensitas sangat tinggi (kapasitas maksimal 80 -90%) Setiap latihan diikuti oleh intensitas rendah sampai sedang dengan interval rasio kerja dengan istirahat adalah 1:1/3. Latihan ini memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran yang lebih besar dari program intensitas rendah tradisional (Hoeger, 2014).

HIIT High Intensity Interval Training atau Latihan interval intensitas tinggi adalah bentuk latihan kardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu salah satu latihan aerobik untuk membakar kalori dan meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan kebugaran fisik.

Pelatihan interval ini dilakukan dengan interval yang tinggi selama 4 – 30 menit untuk latihan kardiovaskuler kemudian dilakuan bergantian dengan latihan intensitas rendah. Porsi melakukan latihan intensitas tinggi dan latihan intensitas rendah harus dilakukan dengan rentang waktu yang sama (Barlett, 2013).
Pengertian HIIT High Intensity Interval Training atau Biasa disebut Latihan Interval Intensitas Tinggi
Tujuan Latihan Interval Intensitas Tinggi
HIIT High Intensity Interval Training atau Latihan interval intensitas tinggi ini terdiri dari periode melakukan lari dengan intensitas tinggi yang diselingi dengan periode istirahat yaitu berjalan. Hal ini menyebabkan tubuh secara efektif membentuk dan menggunakan energi yang berasal dari sistem anaerobik. 

Penambahan interval membantu pembuangan metabolisme dari otot selama periode istirahat pada saat latihan interval intensitas tinggi sedang dilakukan oleh tubuh. Perubahan periode latihan yang dilakukan bergantian ini membantu tubuh meningkatkan volume dalam mengkonsumsi oksigen saat latihan pada volume dan kapasitas maksimum (VO2max) selama latihan (Kolt, 2007).

Menurut American College of Sports Medicine menyatakan bahwa lebih banyak oksigen yang digunakan pada saat melakukan latihan interval intensitas tinggi dari pada latihan noninterval. 

Kecepatan Metabolik rate meningkat untuk 90 menit sampai dengan 24 jam setelah sesi latihan interval intensitas tinggi. Peningkatan metabolisme dikarenakan tubuh membakar lemak dan kalori dengan cepat.

Latihan intensitas tinggi memacu kerja jantung dengan lebih keras sehingga konsumsi oksigen pun meningkat yang berarti metabolisme tubuh juga menigkat sehingga makin banyak lemak yang dipakai untuk pembakaran.

Selain metabolisme pada saat kita melakukan  latihan  yang  meningkat,  metabolisme  pada  saat  kita beristirahat pun meningkat, hal ini dikenal dengan istilah Resting Metabolic Rate (RMR) atau tingkatan metabolisme pada saat kita beristirahat selama 24 jam setelah melakukan latihan interval intensitas tinggi (Kafiz, 2014).

Sama seperti latihan aerobik lainnya, latihan interval intensitas tinggi ini meningkatkan fungsi sel otot, membakar lemak dan meningkatkan kapasistas paru. Latihan interval intensitas tinggi selama 30 menit sama dengan 90 menit latihan intensitas rendah. Sehingga latihan interval intensitas tinggi membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mencapai manfaat kebugaran (Hoeger, 2014).

Nah itulah pengertian HIIT High Intensity Interval Training. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.