Header Ads

Manfaat Latihan Core Exercises bagi Atlet dan Penderita Sakit Pinggang

Manfaat Latihan Core Exercises bagi Atlet dan Penderita Sakit Pinggang. Artikel kali ini kita membahas mengenai manfaat latihan core exercises untuk atlet dan penderita sakit pinggang. Latihan core exercises ini merupakan bentuk latihan yang terbagi menjadi dua bagian. Ada yang ditujukan untuk meningkatkan fleksibilitas dan ada juga untuk meningkatkan kekuatan otot.

Pada beberapa artikel sebelumnya, sudah dijelaskan juga mengenai latihan core exercises ini. Seperti penjelasan anatomi dan fisiologi core muscle (otot inti) dalam melatih otot perut, dan beberapa bentuk latihannya juga sudah diposting pada artikel sebelumnya. Supaya lebih paham dalam melakukan latihan core exercises ini, maka kita harus mengetahui manfaat yang bisa didapat dengan latihan ini.
Manfaat Latihan Core Exercises bagi Atlet dan Penderita Sakit Pinggang

3 Manfaat Latihan Core Exercises

Latihan core exercises biasanya dipakai sebagai bentuk olahraga rehabilitasi atau lebih familiar disebut dengan fisioterapi bagi orang yang mengalami sakit pinggang. Beberapa gerakannya memang untuk memperkuat alat gerak tubuh kita yaitu otot, tulang dan sendi.

Manfaat latihan core exercises ini juga bisa dirasakan bagi atlet untuk meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuhnya. Di beberapa negara eropa dan amerika, bentuk latihan core exercise ini sudah banyak dilakukan oleh para penggiat olahraga. Apalagi bagi seorang atlet yang dituntut menampilkan performa yang prima.

Komponen fisik bisa ditingkatkan melalui latihan core exercises ini. Bagi atlet fisik akan selalu menunjang teknik. Ketika teknik yang dikeluarkan berulang kali dengan pengulangan teknik gerak yang banyak, maka tingkat kondisi fisiknya juga harus ditingkatkan. Karena tidak mungkin seorang atlet akan dapat mengeluarkan teknik yang banyak dan berulang kali, jika kondisi fisiknya tidak bagus untuk mengimbang tuntutan penampilan. Seperti halnya sebuah mobil mewah dengan kualitas mesin yang bagus, maka kemampuan untuk melakukan perjalanan akan sangat lama.

Berikut ini adalah manfaat latihan core exercises :
  1. Meningkatkan keseimbangan
    Latihan core exercises berfokus pada kekuatan otot-otot core yaitu transversus abdominus, multividus, diaphragm, pelvic floor muscle. Otot inti (core muscle) yang kuat dapat meningkatkan keseimbangan tubuh secara menyeluruh. Banyak atlet yang melakukan latihan core exercises untuk menunjang kebugaran mereka saat bertanding.
  2. Meningkatkan kekuatan otot
    Latihan ini adalah latihan yang baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh keseluruhan terutama otot-otot inti (core muscle).
  3. Mengurangi Rasa Sakit
    Jika menderita sakit pinggang, akan menemukan bahwa gerakan saat berlatih core exercises akan membantu mengurangi rasa sakit. Karena kontraksi kekuatan dari otot core secara bersamaan mengarah pada perbaikan postur tubuh, sekaligus menghilangkan ketegangan.
Dengan memahami ketiga manfaat latihan core exercises ini, maka kita bisa mulai melakukan latihan core exercise sesuai dengan tujuan masing-masing. Mungkin sebagian dari para pembaca ada yang ingin melatih otot perutnya, ada juga yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan ototnya secara keseluruhan dsb. Meskipun tujuannya berbeda-beda dalam melakukan latihan core exercises ini, tapi tetap pelaksanaannya harus dilakukan dengan benar yang akan mendatangkan hasil yang baik.

Itulah artikel mengenai manfaat latihan core exercises bagi atlet dan penderita sakit pinggang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Jika dirasa bermanfaat, silahkan di share ke teman atau komunitas anda melalui tombol share media sosial di bawah yang sudah tersedia. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.