Header Ads

5 Latihan CrossFit untuk Pemula sebagai Latihan Membakar Lemak

5 Latihan CrossFit untuk Pemula sebagai Latihan Membakar Lemak. CrossFit Training atau latihan crossfit sudah menjadi olahraga populer di beberapa negara. Bahkan sudah termasuk di negara kita Indonesia. Latihan Crossfit ini dilakukan dengan menggunakan program intensitas tinggi yang gerakannya memang tepat untuk dilakukan siapa saja, termasuk bagi pemula yang ingin membakar lemak. 

Pengertian latihan CrossFit adalah penggabungan latihan fitnes (kebugaran) antara latihan kardio dengan latihan beban (weight training) yang bermakna one size fit all atau bisa kita sebut semua gerakan bisa dilakukan termasuk oleh pemula.

Beberapa Istilah dalam Latihan Crossfit

Sebelum masuk pada program latihan crossfit, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu beberapa istilah pada latihan crossfit ini yang diungkap pada website duniafitnes.com. 
  1. WOD adalah singkatan dari Workout Of the Day (biasanya berkisar 10-20 menit). Karena pola latihannya sama, maka lebih singkat disebut dengan WOD.
  2. AMRAP adalah singkatan dari As Many Reps/Rounds As Possible atau jumlah repetisi atau putaran dalam sekali waktu latihan, yang ingin Anda selesaikan sebanyak yang Anda bisa.
  3. For Time, adalah goal (tujuan) untuk menyelesaikan latihan yang ditentukan secepat mungkin.
  4. Score merupakan jumlah total repetisi atau putaran yang diselesaikan.
  5. Box merupakan penyebutan tempat khusus untuk melakukan CrossFit.

Manfaat Latihan CrossFit

Latihan crossfit menggerakan seluruh kelompok otot tubuh kita, maka latihan ini bisa membantu pemula untuk membakar lemak sehingga memiliki tubuh ideal.

Tapi manfaat utama dari latihan CrossFit adalah untuk meningkatkan level kebugaran kita. Kebugaran kita meningkat maka akan berdampak penting pada efektivitas kerja kita sehari-hari. Contohnya, seorang ibu rumah tangga akan merasa lebih ringan ketika melakukan pekerjaannya di rumah. Atau ketika keadaan lift mati, seorang pegawai kantoran tidak akan merasa cepat lelah untuk menaiki tangga. Dengan melakukan latihan crossfit ini, yang rutin dilakukan akan membantu menjaga kebugaran.

Bersosialiasi adalah manfaat lain yang bisa didapat ketika melakukan latihan CrossFit. Meskipun dapat dilakukan seorang diri, tapi banyak para instruktur latihan CrossFit memberi saran untuk melakukan latihan ini secara berkelompok.

5 Latihan CrossFit untuk Pemula sebagai Latihan Membakar Lemak

Latihan CrossFit untuk Pemula

Latihan crossfit ini sepertinya memang berat dilakukan. Tapi dengan ketekunan untuk meraih goal yang sudah kita tentukan, maka kita akan bisa melakukan latihan ini.

Selain terfokus dalam melakukan latihan crossfit ini, jangan lupakan bahwa nutrisi asupan gizi yang seimbang juga harus kita perhatikan dan jangan lupa waktu istirahat kita juga.

5 Latihan CrossFit yang bisa Anda lakukan (untuk pemula)

WOD No. 1 Latihan CrossFit Half Cindy
Membakar Lemak dengan 5 Latihan CrossFit untuk Pemula - Half Cindy
  • 5 Pull Up
  • 10 Push Up
  • 15 Air Squat
Half Cindy membutuhkan waktu 20 menit. Tapi bagi pemula yang baru memulai latihan, bisa menggunakan waktu 10 menit saja.

Dikarenakan tubuh kita belum beradaptasi dengan beban latihan ini, kemungkinan akan merasakan kelelahan saat melakukan push up setelah satu set. Jangan lupa untuk selalu mencatat jumlah gerak yang bisa dicapai supaya bisa mengetahui perkembangan tubuh kita.

WOD No. 2, Latihan Total CrossFit
Membakar Lemak dengan 5 Latihan CrossFit untuk Pemula - Total Crossfit
  • 5 Back Squat
  • 3 Overhead Press
  • 3 Deadlift
Latihan total crossfit ini akan menggunakan beban dari luar tubuh. WOD ini fokus supaya para pemula beradaptasi dengan beban luar tubuhnya. Latihan ini tidak dipatok waktu, tapi terkait dengan bagaimana pengaruh beban luar pada tubuh serta mengetahui berapa beban angkatan yang bisa diangkat dengan aman.

Total 5 repetisi pada back squat di atas adalah asumsi dasar. Apabila Anda belum pernah melakukan sebelumnya, bisa mulai dengan 3 repetisi terlebih dahulu.

Benarnya melakukan gerakan merupakan fokus dari latihan Total CrossFit ini. Jika masih belum yakin dengan benarnya gerakan kita bisa meminta bantuan instruktur fitnes di gym atau pada teman yang sudah berpengalaman.

WOD No. 3 Latihan CrossFit Helen
Membakar Lemak dengan 5 Latihan CrossFit untuk Pemula - helen
  • 400 meter (lari)
  • 21 Kettlebell Swing
  • 12 Pull Up
Siapapun sudah pasti bisa berlari (asalkan tidak pada saat mengalami cedera) termasuk kita yang pemula dalam melakukan olahraga.

Melakukan latihan CrossFit ini akan membantu kita untuk mengetahui berapa beban latihan yang dapat dilakukan oleh tubuh.

WOD No. 4 Latihan Crossfit Wall Ball, Burpees
Membakar Lemak dengan 5 Latihan CrossFit untuk Pemula - Wall Ball, Burpees
21, 15, 9 repetisi pada Wall Ball dan Burpee. Mengapa menggunakan pola tersebut? Tidak ada alasan yang pasti mengenai itu, tapi pada saat kita mencapai 9 repetisi, ini pasti akan terasa sekeras repetisi 21.

Perlu dicatat, skema 21 15 dan 9 repetisi ini dapat dibagi menjadi tiga putaran. Yaitu 21 dibagi menjadi 3, yakni sebanyak 7 repetisi untuk masing-masing putaran. 15 repetisi dibagi 3 menjadi masing-masing 5 repetisi. Dan 9 repetisi dibagi menjadi 3 dengan 3 repetisi. Skema ini akan membantu dalam beristirahat dan mengambil nafas.

Meski begitu, Wall Ball dan Burpee benar-benar bekerja untuk semua otot bahu dan seluruh tubuh pastinya.

Untuk memulai Burpee, sebaiknya Anda jangan sampai berhenti sebelum putaran selesai. Karena jika Anda berhenti di tengah-tengah, maka akan sedikit sulit untuk memulai kembali.

WOD No. 5 Latihan Crossfit Sit Up, Lunges
Membakar Lemak dengan 5 Latihan CrossFit untuk Pemula - sit-up, lunges
  • 3 putaran | 3 menit
  • 2 menit istirahat, AMRAP
  • 15 Sit Up
  • 15 Lunges
Pada tipe WOD ini menggunakan metode interval (latihan yang diselingi istirahat), metode latihan ini akan menuntut kita bergerak sekuat tenaga selama tiga menit, dilanjutkan dengan istirahat dua menit.

Latihan ini baik juga untuk melatih daya tahan kardiovaskuler.

Salah satu faktor kenapa CrossFit menjadi pilihan bagi para penggiat olahraga, karena jenis latihan ini pada setiap latihannya dapat dimodifikasi.

Pola latihan yang menggunakan repetisi (pengulangan), berat, dan waktu dapat diubah sesuai kondisi tubuh kita.

Itulah artikel mengenai 5 Latihan CrossFit untuk Pemula sebagai Latihan Membakar Lemak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Incoming search terms:
  • latihan membakar lemak
  • latihan crossfit
  • latihan membakar lemak untuk pemula
  • latihan crossfit untuk pemula
  • latihan pembakar lemak bagi pemula

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.