Header Ads

Tes Fisik Wasit Sepak Bola FIFA Fitness Interval Run Test

FIFA Fitness Interval Run Test. Salam sobat pembaca dunia olahraga. Postingan berikut ini akan melanjutkan dari postingan sebelumnya mengenai tes fisik wasit sepak bola menggunakan tes standar FIFA. Postingan bagian pertama bisa anda lihat di postingan tes fisik wasit sepak bola bagian pertama.

Langsung saja kita ke bagian kedua dari tes fisik wasit sepak bola standar FIFA. Pada bagian kedua ini, tes yang masih ditujukan untuk wasit dan asisten wasit sepak bola disebut juga FIFA Fitness Interval Run Test. Tes ini melibatkan aktifitas 150 meter lari dan 50 meter jalan, 150 meter lari dan 50 meter jalan, total 400 meter dilakukan sebanyak 10 lap.

Tes Fisik Wasit Sepak Bola Versi Fifa Bagian Kedua

Administrasi pelaksanaan tes FIFA Fitness Interval Run Test

a. Tujuan tes : tes ini untuk menguji kemampuan individu untuk melakukan interval dalam waktu aktifitas yang lama berulang kali, di desain untuk tes fisik wasit sepak bola.

b. Alat yang dibutuhkan : track atletik 400 meter, peluit, stopwatch.

c. Pelaksanaan tes : pasang kun untuk menandai start setiap track. Peluit pertama, wasit harus lari 150 meter dengan dibatasi waktu yang telah ditentukan dan sampai ke track untuk jalan, wasit harus jalan sepanjang 50 meter. Peluit berikutnya, wasit harus lari lagi sepanjang 150 meter kemudian melakukan jalan 50 meter lagi. Rangkaian aktifitas ini dilakukan sebanyak 10 lap. Para wasit tidak diperbolehkan melakukan lari sebelum ada bunyi peluit. Petugas pemegang bendera diposisikan di setiap start untuk lari, ketika ada bunyi peluit maka bendera diturunkan sehingga para wasit bisa melanjutkan lari lagi.
Track Tes Fisik Wasit Sepak Bola FIFA Interval Run Test
d. Waktu bagian tiap track : track lari 150 meter dibatasi waktu 30 detik untuk wasit laki-laki dan 35 detik untuk wasit perempuan. Batas waktu jalan 50 meter dibedakan berdasarkan level wasit. Untuk wasit laki-laki internasional jalan 50 meter dibatasi 35 detik, asisten wasit internasional dan nasional jalan 50 meter dibatasi 40 detik dan asisten wasit nasional 45 detik. Untuk wasit perempuan, wasit internasional jalan 50 meter dibatasi 40 detik, asisten wasit perempuan internasional dan wasit nasional 45 detik dan asisten wasit nasional 50 detik.

e. Skoring : jika wasit gagal menempatkan kakinya di area jalan 50 meter tepat waktu, maka tes tersebut gagal dan wasit tidak bisa melanjutkan tes ini.

f. Target tes : tes ini dikembangkan dan di desain untuk wasit sepak bola, mungkin cocok untuk wasit pada cabang olahraga yang identik dengan sepak bola.

Itulah artikel mengenai FIFA Fitness Interval Run Test yang ditujukan untuk tes kebugaran wasit sepakbola yang dikeluarkan oleh FIFA. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dunia olahraga dan menambah wawasan mengenai instrumen tes fisik bagi wasit sepakbola. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.