Header Ads

HIIT Workout Meningkatkan Vo2max dan Kebugaran Berdasar pada Penelitian

HIIT Workout meningkatkan Vo2max dan Kebugaran

VO2max dapat meningkat dengan seringnya tubuh dilatih dengan kerja dalam waktu yang lama, karena secara tidak langsung membuat sistem kardiorespirasi terus bekerja. Pada saat ini ada beberapa aktivitas fisik dengan waktu singkat tapi bisa meningkatkan kapasitas VO2max kita yaitu HIIT Workout.

Penelitian yang mengungkap HIIT Workouts ini dilakukan oleh Andrew P. Bacon (2013) dengan hasil temuan utama dari meta-analisis penelitian bahwa HIIT Workouts memberikan hasil lebih baik dalam peningkatan VO2max dari jenis latihan yang biasanya yaitu endurance training. Penelitian tersebut masih berdasar pada meta-analisis belum dieksperimenkan secara nyata, dan belum terbentuknya model latihan HIIT workouts seperti apa yang dapat meningkatkan vo2max secara signifikan.
Hiit Workout dapat meningkatkan Vo2max dan Kebugaran
Jenis aktivitas untuk memicu tingkat oksidasi pada otot rangka dan penentu kebugaran pernah diungkap oleh Jenna B. Gillen (2014) yaitu 3 menit dari latihan dengan intensitas yang tinggi. Kelemahannya belum tetapnya bentuk latihan yang dapat meningkatkan vo2max.

Tingkat vo2max seseorang dapat dikatakan sebagai penentu kualitas kebugaran jasmani seseorang ditambah dengan tingkat mitokondria yang semakin berkembang maka akan berdampak pada pembentukan energi yang sangat banyak.

Selain meningkatkan kapasitas VO2max HIIT Workouts juga bisa merangsang mitokondria menjadi berubah secara positif sesuai laporan hasil dari penelitian Avigdor D. Arad (2015) yang memberikan hasil bahwa hiit workouts memberikan perubahan postitif pada siklus pernapasan mitokondria untuk pembentuk energi pada otot.

Bentuk latihan Hiit Workouts bisa dilihat pada artikel ini Kumpulan Latihan Hiit Workouts. Faktor utama yang dapat meningkatkan Vo2max adalah memicu EPOC exest postexercise oxygen consumption atau oksigen debet (hutang oksigen) diakibatkan karena cepat timbulnya kelelahan sehingga tubuh sangat membutuhkan oksigen lebih jelasnya bisa dilihat pada artikel 8 Keuntungan HIIT (High Intensity Interval Training).

Nah itulah postingan mengenai Hiit Workouts dapat meningkatkan Vo2max dan Kebugaran Berdasar pada Penelitian. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima Kasih.

Reference

VO2max Trainability and High Intensity Interval Training in Humans: A Meta-Analysis. By Andrew P. Bacon. 2013
Three Minutes of All-Out Intermittent Exercise per Week Increases Skeletal Muscle Oxidative Capacity and Improves Cardiometabolic Health. By Jenna B. Gillen. 2014
High-intensity interval training without weight loss improves exercise but not basal or insulin-induced metabolism in overweight/obese African American women. By Avigdor D. Arad. 2015

Incoming Search Terms
Hiit workouts peningkat Vo2max
Cara Meningkatkan Kebugaran
Latihan Hiit Workouts
Bentuk Latihan Kebugaran
Latihan Meningkatkan Vo2max

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.