Header Ads

Membakar Lemak Lebih Cepat dengan 3 Bentuk Latihan HIIT Workout

Membakar lemak merupakan sebuah cara sehat untuk menurunkan berat badan bagi kita yang memiliki kelebihan berat badan. Sudah seperti biasanya cara membakar lemak yang baik adalah dengan melakukan olahraga. Tapi terkadang kita merasa malas untuk berolahraga, apalagi olahraga tersebut harus dilakukan dalam waktu yang lama. Beberapa dari kita mungkin mencari cara untuk membakar lemak lebih cepat dengan waktu yang singkat sehingga tidak terlalu banyak menyita waktu kita. Olahraga singkat yang bisa kita lakukan untuk membakar lemak lebih cepat adalah dengan metode HIIT (High Intensity Interval Training) Workouts.

Olahraga atau latihan dengan metode HIIT workouts ini adalah olahraga yang dilakukand dengan intensitas tinggi yang diselingi oleh waktu interval istirahat antara gerakannya. Waktu melakukannya juga tidak terlalu lama hanya kisaran menit saja. HIIT workouts ini sudah banyak sekali pengembangan bentuk gerakannya. Ada kisaran total waktu 7 Menit Hiit Workouts, 10 Menit Hiit Workouts, 6 Menit Hiit Workouts dan banyak lagi bentuk latihan dengan metode hiit workouts ini. Bisa kita lihat di menu website ini mengenai latihan HIIT Workouts ini.
Membakar Lemak Lebih Cepat dengan 3 Bentuk Latihan HIIT Workout

Latihan Hiit workouts ini bisa membakar lemak lebih cepat karena memanfaat sistem EPOC (Excess post-exercise oxygen consumption) yang dapat muncul ketika kita beres melakukan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi. Selain itu, hormon pertumbuhan (growth hormone) juga terangsang untuk keluar lebih banyak sehingga akan sangat membantu sekali dalam pemecahan lemak menjadi energi.

Berikut ini 3 Bentuk Gerakan HIIT Workouts yang Bisa Dilakukan Untuk Membakar Lemak Lebih Cepat

1. Jumping Jack
Jumping Jack
Jumping jack merupakan bentuk latihan yang bisa digunakan untuk membakar lemak lebih cepat dan bisa dimasukkan ke dalam latihan dengan metode HIIT workouts. Karena gerakan jumping jack ini, menggerakkan semua anggota tubuh kita.

Lemak yang ada di dalam tubuh kita akan lebih cepat dibakar ketika aktivitas fisik atau latihan yang dilakukan menggerakan seluruh tubuh kita.
Lakukan gerakan ini selama 60 detik kemudian diselingi waktu istirahat 15 detik. Setelah istirahat lakukan gerakan yang kedua di bawah ini yaitu squat (jongkok berdiri).
2. Squat
squat
Setelah melakukan gerakan yang pertama yaitu jumping jack, kemudian gerakan selanjutnya adalah squat (jongkok berdiri). Gerakan latihan ini sangat mudah sekali dilakukan dan sederhana tapi memberikan efek yang luar biasa bagi otot kita. Meskipun terlihat hanya tungkai saja yang bergerak, tetapi keseluruhan tubuh kita juga ikut bergerak.
Lakukan gerakan ini selama 60 detik kemudian diselingi waktu istirahat 15 detik. Setelah istirahat lakukan gerakan yang ketiga di bawah ini yaitu jack squat (jongkok berdiri).
3. Jack Squat
Jack Squat
Gerakan jack squat ini merupakan gabungan antara jumping jack dengan squat. Jika pada jumping jack lengan kita diangkat ke atas, maka pada jack squat lengan kita diharuskan menyentuh ujung kaki pada saat melakukan squat dengan posisi jongkok.
Lakukan gerakan ini selama 60 detik kemudian diselingi waktu istirahat 15 detik.
3 Gerakan di atas dilakukan secara berangkai. Mulai dari jumping jack, squat kemudian jack squat. Jika kita mampu menyelesaikan 1 rangkaian, maka kita bisa lanjut ke pengulangan yang kedua dari rangkaian gerakan tersebut. Jeda antara rangkaian maksimal 1  menit.

Untuk kita yang baru pertama kali melakukan bentuk latihan ini, lakukan sesuai kemampuan saja tapi harus konsisten minimal 3 kali dalam waktu seminggu. Misalkan kita menjadwalkan melakukan latihan ini Senin, Rabu dan Jum'at. Jadi ada jeda waktu sehari untuk memberikan kesempatan pada otot kita melakukan pemulihan atau recovery.

Nah itulah artikel mengenai membakar lemak lebih cepat dengan 3 bentuk latihan HIIT Workouts. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.