Header Ads

Melatih Kekuatan Kedua Lengan Kanan dan Kiri

Salam sobat Dunia Olahraga, postingan kali ini akan membahas mengenai cara melatih kekuatan kedua lengan kita, yang terkadang memiliki kekuatan yang berbeda. Yang dominan kita pakai untuk kegiatan sehari-hari pasti lebih kuat.

Sering kali kita lihat bagian tubuh yang dominan kita pakai lebih kuat dibandingkan dengan bagian tubuh sebelahnya, bagi kita yang selalu beraktifitas dengan bagian kanan maka bagian tubuh tersebut akan lebih kuat dibandingkan dengan bagian tubuh kiri, begitu pula sebaliknya. Meskipun kita sering mengkhususkan melatih bagian tubuh kiri kita terutama tangan, tapi jika dominan tangan kanan maka akan lebih kuat tangan kanan kita.

Nah bagaimana solusinya supaya kekuatan bagian kanan dan kiri, entah itu tangan atau kaki, kekuatannya seimbang. Yu, kita baca penjelasan berikut ini.
Melatih Kekuatan Kedua Lengan Kanan dan Kiri

Memiliki tubuh ideal bukan hanya perkara berotot, kekar, atau seksi, melainkan juga yang seimbang. Mengapa otot bisa tidak seimbang dan lebih kuat sebelah? Apa yang menyebabkan otot tubuh tidak seimbang?

Coba ambil sepasang dumbbell dan latihanlah dengan kedua tangan Kita. Kemungkinannya, lengan kanan Kita (jika Kita kidal, maka lengan kiri Kita) akan jauh lebih dominan daripada lengan kiri Kita. Pada kondisi ini, maka sisi dominan tadi cenderung akan lebih kuat dibandingkan dengan sisi yang tidak.

Mengapa Hal Ini Bisa Terjadi?

Itu bukan dikarenakan kesalahan dalam latihan atau karena latihan yang dilakukan telah maksimal atau belum. Ketika kita melakukan latihan, kita cenderung merasa telah melakukannya merata baik untuk sisi kanan maupun kiri. Namun ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari, tanpa sadar kita menggunakan bagian yang kuat daripada sisi yang lemah. Seperti tangan mana yang akan kita gunakan untuk membuka pintu, atau kaki sebelah mana untuk melangkah naik pertama ke tangga.

Mungkin kita tidak sadar bahwa aktivitas-aktivitas ringan tersebut juga merupakan latihan. Semakin kita berulang kali menggunakan sisi tersebut, maka otak akan merespon pada otot-otot tertentu pada bagian tersebut. Karena itu, otot yang sering dilatih itu akan cenderung lebih kuat.

1. Terlalu sering mengabaikan atau tidak menggunakan sisi yang lemah dalam melakukan latihan atau aktivitas sehari-hari.
2. Beban yang tidak merata ketika latihan atau aktivitas.

Melatih Kekuatan Kedua Lengan Kanan dan Kiri, Caranya?

Untuk itu, tetap diperlukan latihan agar kedua sisi tubuh kita tetap sama-sama kuat. Latihan seperti menggunakan dumbbell dengan kedua tangan bersamaan atau dengan metode unilateral merupakan langkah efektif untuk meningkatkan kekuatan bagian tubuh. Latihan unilateral sendiri merupakan latihan yang melibatkan penggunaan satu anggota tubuh pada satu waktu.

1. Latihan

Untuk itu, tetap diperlukan latihan agar kedua sisi tubuh kita tetap sama-sama kuat. Latihan seperti menggunakan dumbbell dengan kedua tangan bersamaan atau dengan metode unilateral merupakan langkah efektif untuk meningkatkan kekuatan bagian tubuh. Latihan unilateral sendiri merupakan latihan yang melibatkan penggunaan satu anggota tubuh pada satu waktu.

Shoulder Press

Shoulder Press

Chest Press

Chest Press

Dumbbell Lunge

Dumbbell Lunge

Two Hand Dumbbell Row

Two Hand Dumbbell Lunge Row

Dumbbell Squat

Dumbbell Squat

Single Arm Shoulder Press

Single Arm Shoulder Press

Single Arm Chest Press


Single Arm Chest PressSingle Arm Chest Press

Single Arm Dumbbell Rows

Single Arm Dumbbell Rows

2. Selalu mulai dari sisi yang lemah

Entah disadari atau tidak, seseorang akan memberikan perlakuan khusus pada sisi yang lebih kuat atau dominan. Nah, karena aktivitas sehari-hari juga dapat berpengaruh pada kekuatan tubuh, oleh sebab itu sebaiknya memulai latihan unilateral atau aktivitas dengan sisi yang lebih lemah.

3. Biarkan sisi yang lemah mendikte sisi yang kuat

Apabila kita melatih sisi yang lemah dengan 10 repetisi sementara sisi yang kuat sebanyak 12 repetisi, maka sisi yang lemah tadi akan semakin sulit untuk mengejar kekuatan sisi yang lebih dominan. Untuk itu, jika sisi yang lemah kita latih dengan 10 repetisi, maka sebaiknya sisi yang kuat juga mendapatkan porsi yang sama yaitu 10 repetisi. Dengan demikian, secara perlahan sisi yang lemah akan mengikuti kekuatan daripada sisi yang kuat.

Agar tubuh lebih kuat dan sehat, selain latihan tentunya adalah melalui pola makan yang sehat pula. Pola makan sehat akan menentukan hasil latihan yang dilakukan. Untuk menunjang latihan dan pola makan Anda, jangan lupa suplementasi protein untuk menambah daya tahan dan daya pulih tubuh Anda.

Kita tidak perlu melatih dengan cara langsung memaksa pada sisi yang lemah seperti menambah jumlah repetisi lebih banyak. Sisi yang lemah dari kita akan lebih kuat secara natural jika dilatih secara rutin, baik ketika latihan maupun aktivitas sehari-hari. Dan yang terpenting adalah libatkan juga bagian tubuh yang jarang kita pakai untuk kegiatan sehari-hari.

Ok sekian postingan kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.