Header Ads

5 Alasan Penting Untuk Melakukan Latihan Pilates Secara Rutin

5 Alasan Penting Untuk Melakukan Latihan Pilates Secara Rutin. Apa yang dimaksud latihan pilates?. Latihan Pilates merupakan bentuk latihan yang dikembangkan oleh Joseph Pilates. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kualitas keseimbangan tubuh seseorang melalui latihan fleksibilitas, kekuatan otot inti (core muscle). Pilates mirip dengan yoga, tapi lebih mengembangkan tingkat kekuatan, daya tahan otot, keseimbangan, postur tubuh yang baik, koordinasi, dll.

Salah satu manfaat latihan pilates bisa meningkatkan berbagai macam kondisi fisik tubuh kita dikarenakan latihan Pilates melibatkan seluruh tubuh, dengan tujuan memperkuat salah satu otot dan meregangkan otot lain. Yang benar-benar dibutuhkan ketika latihan pilates adalah konsentrasi ketika melakukan latihan pilates ini. Berikut ini merupakan alasan penting untuk melakukan latihan pilates secara rutin untuk meningkatkan kualitas kebugaran tubuh kita.
5 Alasan Penting Untuk Melakukan Latihan Pilates Secara Rutin
1. Mengurangi Sakit Punggung (Back Pain)
Cedera punggung, penyimpangan postural dan disk hernia menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan rasa sakit pada tubuh. Otot tegang, kualitas otot lemah dan gaya hidup yang tidak baik memperparah kondisi sakit punggung tersebut. Terkadang tidak ada pil atau pijat yang bisa membantu ketika terjadi back pain. Namun, Latihan Pilates telah membuktikan sangat efisien dalam kasus sakit punggung kronis. Dimulai dengan gerakan sederhana dari latihan pilates kemudian latihan yang lebih lanjut dari latihan pilates, sehingga menghilangkan rasa sakit punggung.

2. Meningkatkan Kapasitas Energi Tubuh

Mungkinkah latihan pilates dapat meningkatkan kapasitas energi tubuh dengan Pilates? Bagi banyak orang mungkin terasa sedikit aneh, TETAPI semakin banyak melakukan latihan, maka semakin meningkat kapasitas energi yang dimilikinya dan semakin terasa ringan dalam melakukan latihan pilates yang sudah rutin dilakukan. Apa yang diberikan oleh latihan Pilates pada tubuh kita?. Latihan pilates melatih nafas, sirkulasi gerak, merangsang otot dan tulang belakang, dan memberikan tubuh perasaan positif yang didapat pada saat mengolahragakan seluruh tubuh dengan latihan pilates.

3. Menurunkan Berat Badan dan Menjadikan Tubuh Langsing
Apakah tujuan kita berolahraga untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh langsing? Maka harus mencoba latihan Pilates!. Latihan ini membantu memperbaiki gerakan sendi dan fleksibilitasnya. Selain itu, pada saat ini latihan menurunkan berat badan merupakan kata kunci yang paling populer. Dan latihan pilates memiliki fungsi dalam menurunkan berat badan.

Mulailah dengan program dasar dari latihan pilates, yang dirancang untuk memahat dan mengencangkan tubuh, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Program dasarnya mencakup kombinasi dari serangkaian gerakan yang teratur. Gerakan sederhana ini berhasil membentuk dan merampingkan otot-otot dan tidak menimbulkan pembesaran otot seperti pada proses bulking dalam latihan beban, yang terkadang tidak kita inginkan.

Yang terpenting adalah melakukan latihan secara rutin, minimal 3 kali dalam satu minggu. Sehingga berefek pada tubuh berupa memperkuat otot, memperbaiki postur tubuh, mengencangkan otot dan membuat tubuh kita terasa bugar.

4. Otot yang Efisien dalam Penggunaan Energi
Keseimbangan antara durasi latihan dan penggunaan kekuatan mungkin merupakan alasan utama mengapa orang memilih latihan Pilates. Hal ini sangat penting bagi pelari karena mereka terlibat dalam aktivitas berulang.

Pilates memungkinkan tubuh seseorang untuk menggunakan otot dengan pengeluaran energi minimal, yang sangat penting selama jangka panjang.

5. Hubungan Tubuh dan Pikiran
Ketika Joseph Pilates membuat jenis latihan baru, beliau menekankan bahwa Pilates berarti koordinasi secara menyeluruh antara tiga faktor utama yaitu tubuh, semangat dan pikiran. Olahraga Pilates berfokus pada setiap gerakan, menginstruksikan otak seseorang untuk memusatkan diri, melepaskan ketegangan, menguasai gerakan, serta mengatur aliran nafas.

Dan itulah 5 alasan utama mengapa orang di seluruh dunia menyukai Pilates. Sekarang giliran para pembaca memulai berolahraga untuk memperbaiki bentuk tubuh, kekuatan dan keseimbangan.

Itulah artikel pilates tentang 5 alasan penting untuk melakukan latihan pilates secara rutin. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.