Header Ads

Tes Kelincahan Dengan 505 Agility Test

Tes kelincahan menggunakan 505 agility test ini untuk menguji kemampuan sampel dalam melakukan gerakan mengubah arah dengan berputar 180 derajat. Tes ini di adaptasikan untuk cabang olahraga tertentu yang memiliki karakteristik mengubah arah dengan berputar 180 derajat. Biasanya tes ini cocok untuk cabang olahraga sepak bola, bola basket, hoki dsb.
Tes Kelincahan Dengan 505 Agility Test

Prosedur Pelaksanaan 505 Agility Tes
Alat yang dibutuhkan : Start dan Stop Timing Gates atau Stopwatch, Bidang datar yang tidak licin, kun penanda.

Pelaksanaan tes :
Kun penanda disimpan pada 5 dan 15 meter dari garis start. Atlet berlari dari kun menempuh jarak 15 meteran menuju garis (jarak lari untuk membangun kecepatan) dan melalui 5 m kun, berbalik pada baris dan berjalan kembali melalui kun 5 m. Waktu dicatat dari ketika atlet pertama berjalan melalui penanda 5 meter, dan berhenti ketika mereka kembali melalui tanda tersebut (yaitu, waktu yang dibutuhkan untuk menutupi 5 m dan jarak kembali - 10 m total). Yang terbaik dari dua kali percobaan. Kemampuan berputar pada setiap kaki harus diuji. Sampel harus didorong untuk tidak melangkahi garis terlalu banyak, karena hal ini akan menambah waktu mereka.

Keuntungan tes : akurat dan tes yang sederhana dari kelincahan.

Kekurangan tes : Membutuhkan waktu lama untuk mengetes dalam jumlah sampel yang banyak. Dibutuhkan timing gates yang memang harganya mahal meskipun bisa dilakukan dengan stop watch.

Tes ini untuk mengukur kemampuan berputar 180 derajat. Kemampuan ini belum tentu cocok untuk beberapa cabang olahraga.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.