Header Ads

Latihan Fitness Untuk Perempuan

Salam sobat Dunia Olahraga. Banyak dari kita baik laki-laki maupun perempuan sering mengunjungi tempat fitness atau gym di daerah masing-masing dengan tujuan yang beragam. Bagi laki-laki sebagian besar, fitness adalah untuk membentuk otot semakin berisi dan tubuhnya terlihat bagus dengan otot-otot yang padat. Tapi sebetulnya kata fitness itu sendiri adalah kebugaran, jadi bisa saja melakukan latihan fitness diluar tempat-tempat khusus seperti gym. Kenapa bisa terkait sekali antara fitness dengan gym karena memang rata-rata yang masuk ke gym ingin memiliki atau bahkan meningkatkan tingkat kebugaran jasmaninya dengan melatih otot sebagai pondasi gerak dan alat gerak aktif. Selain good looking di depan orang-orang, ditambah juga memiliki kebugaran yang bagus.

Fitness untuk Perempuan

Latihan Fitness Untuk PerempuanBagi perempuan biasanya ada yang memiliki keinginan untuk bugar dan ingin menghilangkan lemak di bagian tubuhnya, tetapi takut otot-ototnya menjadi besar seperti para binaraga. Bisa saja ketakutan itu terjadi, jika cara melakukannya kurang tepat untuk perempuan yang memiliki keinginan tetap ramping di bagian tubuhnya.

Bagaimana sebetulnya yang harus dilakukan oleh perempuan yang memiliki keinginan seperti yang dijelaskan pada paragraf di atas?. Caranya adalah dengan memperbanyak pengulangan gerakan dengan beban yang sangat ringan. Logikanya adalah dengan beban ringan sesuai dengan ambang rangsang (kemampuan) ototnya maka akan mampu melakukan gerakan berulang kali, hal ini akan mengencangkan otot-otot pada bagian tubuh perempuan, dan tidak akan memperbesar otot-ototnya.

Bulking dan Cuting

Dalam body building ada istilah bulking dan cuting. Pada masa bulking beban akan terus ditambah di atas ambang rangsang (kemampuan) ototnya, biasa dilakukan oleh para laki-laki yang ingin memperbesar massa ototnya. Pada saat bulking, otot tidak akan terlihat pahatannya atau lekukannya karena memang sedang dalam tahap pembesaran massa otot. Ciri khas pada masa bulking ini adalah penambahan beban secara progresif dengan jumlah pengulangan gerakan yang sedikit antara 6-10 pengulangan gerakan kemudian beban ditambah lagi, ketika sudah terjadi adaptasi. Pemahaman adaptasi otot ada di postingan saya yang ini faal olahraga.

Pahatan otot akan terlihat ketika masuk pada masa cuting karena pengulangan gerakan yang sangat banyak sekali. Berbeda ketika pada saat bulking yang memang pengulangannya tidak terlalu banyak, pada saat cuting pengulangan gerakan antara 15-25 kali. Hal tersebut membuat cadangan energi kita yaitu lemak membantu suplai energi dengan terjadinya pemecahan lemak menjadi bahan baku energi. Untuk memaksimalkan proses cuting ini, jangan lupa untuk tetap bernafas normal supaya lemak dipecah jadi bahan baku energi oleh oksigen yang kita hirup.

Bentuk latihan di tempat fitness bagi perempuan bisa langsung menggunakan metode cuting jika tidak ingin memiliki massa otot lebih besar, hanya mengandalkan beban yang sesuai dengan ambang rangsang (kemampuannya).

Untuk gerakan-gerakan fitnessnya bisa dilihat pada postingan saya ini, dengan catatan menggunakan metode cuting atau beban ringan pengulangan banyak yaitu antara 15-25.

Ok, sekian postingan kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca Dunia Olahraga terutama perempuan. Tetap semangat berolahraga, karena memiliki tubuh yang bugar bukan hanya untuk pamer tubuh tapi untuk menjaga kesehatan juga. Tubuh bugar sudah pasti sehat, tubuh sehat belum tentu bugar.

Terima kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.