Header Ads

Pengertian dan Fungsi Otot

Pengertian dan Fungsi Otot. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai pengertian otot dan fungsi otot. Penjelasan lengkap seluk beluk otot mulai dari pengertian dan fungsi otot manusia yang sekaligus faktor penting juga dalam melakukan gerak.

Pengertian Otot

Pengertian otot adalah suatu jaringan yang mempunyai kemampuan untuk berkontraksi. Yang kita sebut sehari-hari sebagai daging sebenarnya tak lain adalah kumpulan serabut-serabut otot (Irianto, 2012). Secara umum otot dibagi menjadi tiga jenis yaitu otot rangka, otot jantung dan otot polos. Namun yang akan dibahas dalam kajian teori penelitian ini adalah otot rangka.

Tubuh pria dewasa biasanya mengandung sekitar 640 otot, yang meliputi hampir dua perlima berat tubuhnya. Jumlah yang sama terdapat pada tubuh wanita dengan proporsi yang lebih kecil. Otot membentang di sebuah sendi dan meruncing pada setiap ujungnya menjadi tendon berserat yang melekat ke tulang (Parker, 2007).

Otot dikaitkan pada tulang rawan (kartilago), ikat sendi (ligamentum), dan kulit (integument). Tulang-tulang tidak dapat berfungsi sebagai alat gerak jika tidak digerakkan oleh otot. Otot rangka mampu menggerakkan tulang karena otot dapat memanjang (relaksasi) dan memendek (kontraksi). Hasil pergerakkan otot menyebabkan tulang-tulang menjadi tempat perlekatan otot dapat digerakkan. Serabut-serabut otot merupakan sel-sel otot yang berkumpul menjadi berkas-berkas otot. Beberapa berkas otot berkumpul membentuk otot atau  daging.
Pengertian dan Fungsi Otot

Fungsi Otot

Fungsi  otot  yang  utama  adalah  sebagai  alat  gerak  aktif, disebabkan oleh kemampuan sel-sel otot berkontraksi. Otot berkontraksi karena suatu rangsangan, baik rangsangan panas, dingin, dan sentuhan lainnya (irianto, 2012).

Otot rangka jika dilihat dengan menggunakan mikroskop terlihat berupa sel-sel otot berbentuk serabut-serabut halus panjang (myofibril) yang mengandung banyak inti sel (multinuklei) dan tampak garis-garis terang diselingi garis-garis gelap yang melintang. Oleh karena itu otot rangka disebut juga otot lurik atau otot serat lintang.

Sel-sel serabut otot bersatu dalam suatu kelompok membentuk berkas-berkas yang disebut faskuli. Berkas-berkas otot diliputi oleh selaput (fasia) yang disebut fasia propia. Beberapa berkas otot bergabung membentuk otot. Setiap otot dibungkus lagi oleh selaput yang disebut fasia superfisialis.

Gabungan otot membentuk kumparan yang menggelembung pada bagian tengahnya yang disebut ventrikel otot. Ventrikel otot mempunyai daya kontraksi dan elastisitas yang tinggi sehingga dapat memanjang dan memendek. Bagian ujung ventrikel otot mengecil dan keras yang disebut tendon atau urat otot. Ujung tendon yang stabil dan melekat pada tulang serta dekat ke pusat tubuh disebut origo. Sedangkan otot yang melekat pada tulang yang bergerak disebut insersio (irianto, 2012).

Itulah artikel mengenai pengertian dan fungsi otot. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan di bidang fisiologi olahraga atau faal yang menunjang juga terhadapa keilmuan olahraga lainnya seperti kepelatihan dsb. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.